P. 1
Bab8RevolusiBesardiDunia

Bab8RevolusiBesardiDunia

|Views: 1,781|Likes:
Published by hernijuwita

More info:

Published by: hernijuwita on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/23/2013

pdf

text

original

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

~~~ ;:::::::- ~ -::::::::-
':L ~~ ~

BAB REVOLUSI BESAR 01 OUNIA
7
......_ - A. Revolusi Amerika

Pada mulanya Benua Amerika didiami oleh bangsa kulit merah yang dikenal sebagai bangsa Indian. Mereka kemudian ditaklukkan bangsa kulit putih dari Eropa sehingga Benua Amerika sekarang menjadi benua kulit putih.

Pada tahun 1492, Columbus sampai di Kepulauan Bahama, Cuba, dan Santo Domingo.Semua pulau-pulau itu dimasukkanya ke dalam wilayah kekuasanan Spanyol.Setelah kedatangan Columbus, banyak orang-orang Spanyol dan Portugis yang datang ke Amerika. Akibatnya, Amerika Serikat menjadi jajahan Spanyol dan Brasilia menjadijajahan Portugis.

Sejak abad ke-17 terjadi perebutan kekuasaan antara Prancis, Inggris, dan, Belanda di Amerika Utara.Pada tahun 1647 Inggris berhasil merebut Nieuw Amsterdam yang kemudian diubah namanya menjadi New York.Setelah Pemg Tujuh tahun (1756-1763) antra Inggris dan Prancis, Inggris akhimya berhasil merebut Kanada dan Lousiana. Akibat perang tersebut. Prancis meninggalkan Amerika, sedangkan Inggris berkuasa sebagai penjajah di Amerika. Pada tahun 1774 meletusnya perang antara rakyat Amerika dengan Inggris. Perang ini disebabkan antara lain sebagai berikut :

1. PENDIRI KOLONI AMERIKA ADALAH PELARIAN-PELARIAN AGAMA DARI INGGRIS

Raja Inggris memeksakan rakyatnya untuk menganut agama Kristen anglikan dan melarang menganut agama selain agagma tersebut. Rakyat inggris yang tidak tahan dengan paksaan itu melarikan diri ke amerika

2. PAHAM KEBEBASAN DALAM PERDAGANGAN

Pemerintah Inggris yang merasa berkuasa atas koloni Amerika memerintahkan agar hasil bumi dari amerika berupa tembakau, kapas , dan gula di jual kepada Inggris

3. INGGRIS BUTUH DANA BESAR SETALAH PERANG 7 TAHUN D

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

Dalam rangka menutup kerugian akibat 7 tahun (1756-1763) di eropa mggns memberlakukan pajak yang berat. Ketentuan tentang pajak tersebut di tuangkan dalam revenue act dan billeting act tahun 1764. undang undang tersebut di tentang keras oleh rakyat amerika yang di pimpin Samuel adams. Mereka bersemboyan "no taxation without representation" yang artinya tidak ada pajak tanpa adanya perwakilan

4. PERISTIW A THE BOSTON TEA PARTY, DESEMBER 1773

Inggris mendatangkan teh ke amerika untuk itu penduduk hams membayar pajak ketantuan-ketentuan tersebut tentu saja pertentangan kebebasan dalam perdagangan. Rakyat amerika yang menyamar sebagai suku Indian Mohawk kemudian melemoarkan teh dari 3 buah kapal inggris di pelabuhan boston. Inggris marah dan mengeluarkan un dang-un dang bam yang di anggap sebagai "undang-undang paksa" (coercive act) oleh penduuk amerika. Kejadian itulah yang menjadi pemicu pecahnya perang kemerdekaan Indonesia pada tahun 1774

Penduduk amerika pada mulanya hanya merupakan penentang kebijakan pemerintah inggris yang dianggap semena-mena. Pertempuran pertama terjadi di Lexington kemudian di boston. Inggris memint ke pada penduduk kanada yang juga colonial ingggris untuk membantu melawan penduduk colonial amerik. Namun, permintaan itu di tolak karena perasaan senasib sebagai penduduk koloni bahkan paksaan inggris terhadap penduduk kanada malah menimbulkan pertmpuran. Keadaan ini di manfaatkan oleh bangsa amerika. Untuk menyiapkan tentara yang di pimp in oleh George Washington yang pernah berjasa kepada inggris dalam perang 7 tahun. Pada tahun 1776, Thomas paine mengutarakan pendapat dalam sebuah karangan yang berjudul Comon Sense (akal sehat.) tulisan tersebut berisi gagasan kemerdekaan pendapat paine itu menyadarkan koloni amerika untuk mengubah tujuan perjuaangan mereka

Selanjutnya diadakan kongres di Philadelphia yang dihadiri oleh wakil-wakil 13 daerah (Negara bagian). Mereka sepakat untuk menandatangani sebuah deklarasi yang dikenal dengan declaration of independence. Yang disusun oleh Thomas Jefferson.

Tanggal ditandatanganinya deklarasi tersebut yaitu 4

J uli 1776 dij adikan hari

kemerdekaan amerika (independensi day). Kongres pun kemudian menyepakati adanya articles of confederation sehingga terbentuklah united states of America (USA).

Di samping perjuangan fisik dapat dilakukan taktik deplomasi dengan mengirimkan Benyamin Franklin ke eropa. Perancis kemudian mengirimkan pasukan ynga dipimpin oleh Cornwallis, menyerahkan kepada George Washington dan Laffayette diko town pada tahun 1783.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

Dalam perjanjian paris tahun 1783 inggris akhirnya mengakui kemerdekaan amerika.

Declaration of independensi 4 juli 1776. sebagai pernyataan kemerdekaan amerika yang mengandung nilai-nilai penghargaan terhadap hak asasi manusia yang dimasukan kedalam UUD menjadi Bill of right.

DAMPAK REVOLUSI AMERIKA BAGI INDONESIA

Penjajahan selama ratusan tahun talah membuat hak asasi bangsa Indonesia terinjakinjak. Munculnya golongan terpelajar dan semakin luasnya hubungan antarbangsa, khususnya setelah dibukanya Teruzan Suez, telah membuka kesadaran akan perlunya hak asasi manusia. Kaum terpelajar berkesimpulan bahwa untuk mengangkat harkat dan martabat bangs a Indonesia tidak mungkin diperoleh dari tangan penjajah, melainkan harus diperjuangkan dengan kekuatan sendiri. Anggapan ini diyakini betul oleh organisasi-organisasi pergerakan nasional seperti Boedi Utomo, Serikat Islam, Indische Partij, Perhimpunan Indonesia, dan PNLTujuan itu akan dicapai dengan asas "percaya pada diri sendiri".

B. Revolusi Perancis

1. LA TAR BELAKANG DAN PERISTIW A

Sebuah revolusi besar yang mengubah tatanan pemerintah dan kemasyarakatan justru terjadi prancis. Golongan masyarakat yang menjadi penggeraknya adalah warga kota (borjuis) yang berkiinginan menggantikan peranan kaum bangsawan dan gereja dalam pemerintah maupun perekonomian. Revolusi tersebut disebabkan oleh banyak hal yang cakupannya cukup luas, di antaranya sebagai berikut :

a. Berkembangnya Paham Rasionalisme dan Aufklarung

Paham-paham itu muncul setelah adanya gerakan renaissance dan humanisme yang menentang kekuasan kaum Gereja di Eropa.merupakan paham yang menganggap bahwa pikiran merupakan sumber segala kebenaran, sehingga segala sesuatu yang tidak masuk akal dianggap tidak benar. Tokoh-tokoh rasionalisme dan aufklarung ini di antaranya Denis Diderot dan J.d' Alembert dan Voltaire

b. Munculnya Paham Romantisme

Paham romantisme merupakan paham yang menjunjung tinggi perasaan dan menghargai naluri manusia

Tokoh-tokoh paham romantisme yang banyak berpengaruh dalam revolusi perancis adalah Jean Jacques Rousseau.

c. Pengaruh Perang Kemerdekaan Amerika (Revolusi Amerika)

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

Dalam perang Kemerdekaan Amerika, Prancis membantu Amerika dengan mengirimkan pasukan yang dipimpin oleh Lafayette.mereka telah men genal pahmpaham baru tentang kebebasan dan demokrasi serta Declaration of Independence yang di dalamnya berisi penghargaanya terhadap hak asasi manusia.

d. Ketidakadilan dalam Sistem Feodalisme

Sistem feodalisme di Prancis membagi masyarakat menjadi tiga go longan, yaitu sebagai berikut.

1) Golongan I (bangsawan)

2) Golongan II (kaum agama)

3) Golongan III (rakyat j elata)

Kaum bangsawan dan kaum agama tinggi memiliki hak istimewa sedangkan kaum agama rendah dan rakyat jelata tidak memiliki hak. Dengan hak-hak istimewanya, selain bebas pajak kaum bangsawan pun dapat menarik pajak dari rakyat.

e. Pemerintahan yang Buruk

Kekuasaan tunggal raja pada masa pemerintahannya berubah menjadi tirani yang yang memberikan kelonggaran raja untuk bertindak sewenang-wenang

f. Adanya Kekosongan Kekuasaan (Vacuum of power)

Pada masa pemerintahan Louis XIV dan Louis XV, rakyat takut terhadap rajanya walaupun mereka membencinya. Sedangkan pada masa pemerintahnya Louis XVI, walaupun bersifat diktator namun tidak memiliki wibawa, sehingga rakyat tidak takut kepadanya.Sejak Raya Louis XN, raja-raja prncis suka berfoya-foya dengan wanitawanita cantik (madame deficit) sehingga kas Negara kosong, Pada tahun 1789, Ketika masa pemerintahan Louis XVI, beban Negara sudah.Untuk mengatasi tersebut, satusatunya cara adalah menarik pajak kepada kaum bangsawan.

Sidang Etats Generaux pun akhirnya digelar,tetapi terjadi kerusuhan. Hal itu disebabkan golongan III (dari rakyat jelata) yang jumlahnya terbesar menuntut hak suaranya dalam voting secara perorangan Sedangkan golongan I dan II menghendaki voting dilakukan pergolongan. Dengan cara itu golongan I dan II yang bersekongkol dapat dipastikan memenangkan suara.

Pada tang gal 14 Juli 1789 rakyat Prancis menyerbu penjara bastille,yang merupakan tempat tahanan politik yang menentang pemerintah raja prancis dan tempat gudang senjata. Penyerbuan ini disebabkan oleh sebagai berikut.

1) Rakyat mendengar desas-desus bahwa Raja Prancis mengumpulkan tentarlloilll"rlf-.Ji sekira paris untuk menindas rakyat

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------. 2) Rakyat membutuhkan senjata yang terdaoat dalam penjara Bastille

Penyerbuan terhadap penjara Bastille berhasil dengan baik karena, tentara yang

berkumpul di Paris memihak rakyat itu pun dianggap sebagai permulaan revolusi dan kemudian diresmikan sebagai Hari Nasional Prancis.

Pada tanggal 20 juli 1789 Dewan Nasional bersidang di lapangan tennis,akibatnya Raja memerintahkan membubarkan Dwewan Konstituante, tetapi tidak dihiraukan. Raja pun tidak bertindak dan pasrah terhadap keadaan negerinya.saat itulah rakyat jelata yang berkuasa. Pimpinan rakyat yng terkenal dalam Dewan Konstituante di antaranya, Mirabeau (bangsawan), Lafayette (bangsawan), dan Sieyes (kaum agama) Pada tnggal 27 Agustus 1789, Dewan Konstituante mengumumkan Hak Asasi Manusia dan Warga (Declaration des Droits De I 'homme et du Citoyen ) sebagai dasar dari pemerintah baru.pada tanggal 14 juli 1790 UUD Prancis disahkan. Dengan demikian pemerintahan Prancis berubah menjadi Monarki Konstituonal yang membatasi kekuasaan Raja.

Salah satu dokumen penting yang dihasilkan pada saat terjadi Revolusi Prancis adalah "P ernyataan Hak-Hak Asasi Manusia danWarga"

Hak-hak asasi manusia yang dianggap telah dimiliki manusia dan warga sejak lahir adalah sebagai berikut.

1) Hak atas Kemerdekaan pribadi

2) Hak diperlakuan sarna dengan hokum

3) Hak kebebasab bertempat tinggal

4) Hak atas milik pribadi

5) Hak atas keamanan pribadi

6) Hak nuntuk membela diri

7) Hak kebebesan menyatakan pendapat

8) Hak kebebasab memeluk agama

2. DAMPAK REVOLUSI PRANCIS BAGI DUNIA

a. Penghapusan Feodalisme

Dihapuskannya feodalisme menyebabkan tidak ada lagi golongan-golongan masyarakat dengan hak dan kewajiban yang berada.

b. Berkembangnya Ide Supermasi Hukum

UUD merupakan kekuasaan tertinggi. Pada masa pemerintahan Raja Louis XVI dan pemerintah sebelumnya. Hukum yang berlaku di prancis diberlakukan setiap orang dan daerah, karena adanya hak-hak istimewa dan tradisi yan~~)Dc;.q;,...

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

setiap daerah.Sejak pemerintahan Napoleon, hokum diseragamkan pada setiap orang dan daerahuntuk itu napoleon menyusun kitab UUD yang disebut Code Civil yang kemudian menjadi Code Napoleon

c. Munculnya Ide Pemerintahan Republik

Dianggap kurang tepat karena pergantian kekuasan secara turun

menuru ntidak

menjamin kualitas seorang kepala Negara. Oleh karena itu perlu dibentuk Pemerintah republic dengan kepala Negara dipilih langsung oleh rakyat.

d. Berkembangnya Paham Demokarasi

Paham ini mumcul sebagai dampak dari pengakuan terhadap hak-hak asasi manusia, terutama kebebasan dan persaman hak antarmanusia.

e. Menyebarkan Paham Liberalisme

Ketika Napoleon berkuasa, ia menjadi penyebar terbesar paham Liberalisme. Hampir seluruh Eropa dan wilayah lain di luar Eropa berhasil di taklukkan, Napoleon mendirikan pemerintahan yang liberal.

f. Meluasnya Paham Nasionalisme

Liberte, Egalite, Fraternite adalah semboyan Revolusi Prancia yang artinya Kebebasan, Persamaan, dan Persaudaraan. Semboyan ini menggambarkan semagat nasionalieme rakyat Prancis untuk bersatu.

g. Timbulnya Ide tentang Aksi Revolusioner

Keberhasilan Revolusi Prancis dalam menumbangkan kekuasaan Raja yang sewenang-wenang, telah menyakinkan rakyat bahwa apabila terjadi ketidakadilan rakyat sewakyu-waktu dapat beraksi secara revolusioner

3. DAMPAK REVOLUSI PRANCIS BAGI INDONESIA

a. Munculnya Paham Nasionalisme

Paham Nasionalisme berasal dariE ropa Barat, kemudianmenyebar ke seluruh Eropa pada abad ke-19 dan abad ke-20.merupakan paham yang penting dalam mendasari pergerakan nasional di berbagai Negara di Asia dan Afrika.

Nasionalieme di Asia-Afrika, termasuk di Indonesia disebabkan oleh penindasan yang dilakukan oleh Negara-negara imperialis Barat.Pelaksanaan politik etis telah memberikan kesempatan pendidikan kepada penduduk bumiputra, walaupun dalam lingkup yang terbatas. Adanya pendidikan telah mendorong munculnya golongan baru,yaitu golongan teroelajar yang menjadi pelopr pergerakan nasional.

Pada awal pergerakan nasional muncul beberapa organisasi dengan sit.al·~j!~ berbeda, Boedi Oetomo lebih bersifat organisasi budaya, Sarikat islam bersif:anljiQ{ZlI~·

."

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

ekonomi dan relugius, sedangkan Indische Partij bersifat politis. Namu ketiga organisasi tersebut memiliki kesamaan, yaitu berswifat nasionalis yamg bertujuan untuk mengangkat harkat dan martabat bangsanya menuju kemerdekaankelak di kemudian hari.

Dalam rangka merayakan Kemerdekaan Belanda ke-l00 dari penjajahan Prancis dibentuklad sebuah komite yang dikenal sebagai "Komite Bumi Putera" di Bandung. Yana bermaksud hendak mengirimkan telegram kepada Ratu Belanda yang isinya mengandung permintaan agar dibentuk Majelis Perwakilan Rakyat Sejati dan ketegasan adanya kebebasan berpendapat di daerah jajaha.salah seorang pemimpin komite ini, Soewardi Soeyaningrat menulis sebuah sindiran yang berjudul "Als ik een Nederlander was ... " yang isinya mengajak penduduk bumiputra untuk merayakan hari kemerdekaannya.

Dari artikel tersebut dapat disimpulkan bahwa bangsa Indonesia sudah memendam rasa nasionalisme yang sangat dalam.

b. Munculnya Paham Demokrasi 1) Pembentukan Volksraad

Pada kongres Boedi Oetomo tang gal 5 dan 6 Agustus 1915, telah ditetapkan usulan perlunya dibentuk wajib militer bagi kalangan kaum pribumi. selanjutnya komite Indie Weebar pada tanggal 23 juli 1916 telah memutuskan bahwa pembentukan kekuatan militer baik laut maupun darat dari kalangan bumiputra yang mendesak agar mempertahankan diri dari serangan yang berasal dari luar Dwidjosewoyo sebagai wakil Boedi Oetomo berhasil mengadakan pendekatan dengan pemimpin-pemimpin terkemuka Belanda. Walaupaun misi tidak berhasil meloloskan usulan tentang pembentukan wajib mikiter, namun sebagai gantinya pemerintah Belanda akan membentuk Volksraad yang disahkan pada bulan Desember 1916

2) Tuntutan Indonesia Berparlemen

Parlemen merupakan suatu badan yang harus ada pada Negara yang berdasarkan asas-asas demokarasi seperti yng diperjuangkan oleh rakyat Prancis, khusunya Montesquieu.

Pada tanggal 21 Mei 1939 berhasil dibentuk badan kerja sarna antar partai-partai politik di dalam Volksraad yang disebut gabungan politik Indonesia (GAPI) yang dipimpin oleh Mohammad Hoesni Thamrin di dalam Konferensi perta

dengan semboyannya "Indonesia Berparlemen"

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

menyampaikan gagasan itu muncul ketika meletusnya Perang Dunia II pada tanggal20 September 1939. GAPI menyampaikan gagasanya yang dikenal dengan 'Manifestasi GAP!' yang isinya antara lain mengajak Indonesia dan Belanda untuk bekerja sarna menghadapi bahaya faisisme. GAPI sendiri juga mengadakan rapat-rapat umum yang mencapi puncaknya pada 12 Desember 1939. tidak kurang 100 tempt mengadakan rap at umum untuk mempropagandakan seruan "Indonesia Berparlemen" kemudian dibentuklah Comite Parlemen Indonesia untuk mempertegas sikap GAPI tersebut.

Pada bulan Agustus 1940,Negeri Belanda sudah dikuasai oleh Jerman, sementara itu Indonesia dinyatakan dalam keadaan darurat perang. GAPI kembali mengutarakan usulannya agar Volksraad diganti dengan Parlemen sejati. Tuntutan itu dikirim kepada Gubernur jendral, Volksraad, Ratu Wilhelmina, dan Kabinet Belanda yang dipndahkan ke London. Namun perjuangan yang snagat gigih dari GAPI itu hanya ditanggapi dengan pembentukan komisi Visman.

c. Revolusi Rusia

1. LATAR BELAKANG DAN PERISTIWA

Pada awal abad ke-20, Industri dan pertanian di Rusia maju pesat.Hal mt

sejalan dengan kebijakan pemerintah Tsar Nicholas II yang senantiasa memajukan perekonomian dengan jalan meningkatkan produksi pertanian dan memajukan industri. Pada tahun 1898, Goerge Plekhanov mendirikan Partai Sosialis Demokrat dengan progaramnya yng moderat , yaitu persaman dalamhukum, kemerdekaan pers, berbicra, berkumpul, serta perbaikan nasib buruh dan petani. Tujuan ini hendak dicapai dengan cara diplomsi politik dan pemogokan.

Pada kongres Partai Demokrat dari seluruh dunia pada tahun 1903, Partai sosialis Demokrat tersebut pecah menjadi dua, yaitu :

a. Mensyewik (Sosial-Demokrat) yang berhaluan sosialis. dipimpin oleh Goerge Plekhanov yang kemudian diganti oleh Kerensky

b. Bolsyewik (Radikal Revolusioner) yang berhaluan komunis. Dipimpin oleh Vladimir Ulyanov yang dengan nama samaran Lenin, kemudian digantikan oleh Josef Dschugaschvili yang dikenal dengan nama Stalin.

Pada tanggal 22 Januari 1905, ribuan pekerja berdemonstrasi di depan istana. Mereka beramai-ramai menyayikan lagu-lagu keagamaan sambil m gambar tsar, tsar menolak untuk bertemu dengan mereka .Revolusi~~~~6r-

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

dimulai dengan pemogokan umum di Petrograd (kemudian diubah menjadi Leningrad) segera diakui oleh seluruh Negara. Akhimya Tsar Nicholas II menyanggupi untuk memberikan UUD melalui Oktober Manifesto 1905

Pada bulan Agustus, tsar menyetujui pembentukan Duma (parlemen) namun Duma hanya dimasudkan sebagai badan penasihat. Di Pertograd dengan jumlah penduduk sebanyakl,4 juta jiwa, hanya 13.000 penduduk yang memiliki hak pilih.Dewan Soviet (Dewan Buruh) adalah organisasi untuk mengatur perjuangan ekonomi dan politik kaum buruh. Dewan-dewan soviet itu dibentuk unuk melayani keperluan perjuangan kaum buruh sehari-hari, seperti menatur aksi pemogokan,menyebarkan brosur, mengumpulkan makanan, obat-obatan , angkutan. Tokoh utama pembrontakan ini adalah Aleksander Fyodorovich Kerensky yang biasa disingkat Kerensky. Peristiwa ini disebut dengan Revolusi Februari 1917.

2. PENGARUH

REVOLUSI

RUSIA

TERHADAP

PERGERAKAN

KEBANGSAAN INDONESIA

Pada bulan Maret 1917 Sneevliet menulis artikel berjudul Zegepraal (kemenangan) yang memuliakan Revolusi Februari Kerensky di Rusia. Darsono melalui surat kabar Het Vrije Woord milik ISDV menyerukan pembrontakan dan dikibarkannya bendera merah. Sedangkan partai-partai moderat seperti Boedi Oetomo , Insulinde, dan SI mendesak agar pemerintah Belanda menggantikan Volksraad menjadi parlemen pilihan rakyat. Krisis November mulai segera mereda setelah Gubemur Jendral van Limburg Stirum menjanjikan akan melakukan perubahan yang luas. Pada tanggal 23 Mei 1920, ISDV menjadi partai Komunis Indonesia (PKI) dan Semaun terpilih menjadi ketuanya. Ketika Kominter (Komunisme Intemasional) terbentuk pada tahun 1919, pengaruhnya telah teras a di Indonesia.

D. Revolusi Industri

1. LATAR BELAKANG DAN DAMPAK REVOLUSI INDUSTRI

Revolusi Industri adalah perubahan besar dalam proses produksi dengan menggunakan mesin yang sebelumnya dikerjakan dengan tangan (tenaga manusia). Inggris adalah Negara yang dianggap sebagai pelopor Revolusi Industri. Beberapa factor pendorong Revolusi Industri untuk pertama kalinya di Inggris :

a. Inggris kaya akan barang-barang tambang, seperti batu-bara, bijih besi, ti kaolin.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

b. Letak Inggris yang srategs di lautan Atlantik pada perdagangan Eropa-Amerika membuat Inggris kaya karena perdagangan

c. Inggris memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan industri

d. Ketekunan rakyat Inggris untuk mengembangkan penelitian ilmiah didukung pemerintah dengan membentuk "Royal Society for Improving Natural Knowledge" pada tahun 1662

e. Inggris relative aman bila dibandingkan dengan Negara-negara Eropa daratan yang sering dilanda peperangan

f. Jumlah penduduk Inggris yang cukup besar telah menyediakan tenaga kerja cukup de pabrik-pabrik.

g. Terjadinya Revolusi Agraria, yaitu perubahan fungsi tanah pertanian milik kaum bangsawan menjadi tanah untuk peternakan domba.

Penemu dan Hasil Temuan

No Nama Penemu HasH Temuan Tahun Penemuan
1. Abraham darby Batu bara yang digunakan 1750
untuk melelehkan besi
2. James Hergraves Alat Pemintal (Spinning 1762
Jenny)
3. James Watt Mesin Uap 1769
4. Campton Menyatukan mesm tenun 1779
dengan mesin pemintal
5. Alexandro Volta Aliran Listrik 1780
6. J acques-Montgolfier Balon udara 1783
(dua bersaudara)
7. Edmund Cartwright Mesin tenun yang lebih baik 1785
8. Nicholas Cuguot Mobil dengan tenaga mesin 1801
uap
9. Symington Kapal Api 1802
10. Richart Trevithick Lokomotif 1804
11. Niepee Sepeda Alat 1816
pemotret (Phototoes tel) 1827
12. Thomas Alfa Edison Lampu Pijar 1863
13. Alexander Graham Bell Pesawat Telepon 1872
14. Damler Mobil 1887
15. Willbur Wright dan Pesawat Terbang 1903
Orville Wright (dua
bersaudara) IHlSlOm' EDUCAJION

w.&

.~.';;;\.; 1.U":,t:·

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

Revolusi Industri membawa dampak berbagai kehidupan masyarakat, antara lain:

a. Bidang Ekonomi

1) Harga Barang Murah

Keberadaan mesin menyebabkan produksi barang-barang menjadi berlipat ganda dengan biaya produksi yang lebih rendah.

2) Upah Buruh Murah

Melimpahnya tenaga buruh di kota-kota sehingga menyebabkan para majikan dengan mudah menentukan upah buruh yang rendah.

3) Munculnya Pertentangan antara Kaum buruh (Proletar) dan kaum Majikan (Borjuis)

Kaum buruh yang mendapatkan gaji bergabung dalam serikat buruh agar dapat menuntut kenaikan gaji. Pemogokan merupakan senjata utama mereka sehingga sering terjadi pertentangan antara buruh dengan majikan.

4) Pelayaran dan Perdagangan Dunia Semakin Maju

Kemajuan teknologi kapal laut dengan menggunakan mesin-mesin modern menyebabkan semakin majunya lalu lintas pelayaran.

5) Kapitalisme Muda digantikan Kapitalisme Modern

Kapitalisme adalah suatu paham ekonomi yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan modal (capital) sebayak-bayaknya. Perkembangan kapitalisme dapat dibagi tiga masa, yaitu sebagai berikut.

a. Kapitalisme kuno (ancient capitalism) abad ke-13-I6. Di dalam kapitalisme lama, seorang kelompok kapitalis hanya bertindak sebagai pedagang (perantara)antara produsen dan konsumen

b. Kapitalisme muda, (neo capitalism) abad ke 16-18. Kapitalisme muda berjalan bersamaan dengan pelaksanaan politik ekinimi merkantilisme.

c. Kapitalisme modern, (modern capitalisme) abad ke 18-20. Di dalamkapitalisme ini, seorangkapitalis merupakan produsen (pembuat barang-barang), pedagang dan distributor

b. Bidang Politik

1. Berkembangnya Imperialisme Modern

Sebelum terjadinya Revolusi Industri, imperialisme (penjajahan) di motivasi oleh semangat kristenisasi, mengejar, dan kejayaan, Hal ini disebut imprealiame kuno.

Berkembangnya Paham Liberalisme

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

Pada mulanya liberalisme berkembang di Inggris ketika berlangsung Revolusi Agraria dan Revolusi Industri. Paham tersebut kemudian berkembang di Eropa daratan.

c. Bidang Sosial

1. Munculnya urbanisasi besar-besaran

2. Kota-kota industri menjadi penuh sesak oleh kaum buruh

3. Kaum buruh menjadi obyek pemerasan kaum majikan

4. Melonjaknya Kejahatan (Carnival a/Crime)

2. PENGARUH REVOLUSI INDUSTRI DI INDONESIA

Revolusi Industri yang terjadi di inggris tidak terlepasdari adanya jajahan inggris di India. Salah satu syarat dari munculnya Revolusi Industri itu adalah tersedianya kekayaan akan uang dan emas. Inggris menjadi Negara pertama yang menentang politik ekonomi merkantilisme dan menghendaki perdagangan bebas.

a. Penerapan Liberalisme oleh Raffkes (1811-1816)

Pemerintahan Raffles didasarkan atas prinsip-prinsip liberalisme seperti yang telah diterapkan di Negaranya maupun di negeri-negeri jajahannya seperti India. Bila dibandingkan dengan Belanda, inggris jauh lebih maju perkembangan industrinya. Raffles menerapkan system pajak tanah (Lndrent System) seperti yang diterapkan di India. Hambatan utama dalam pelaksanaan politik ekonomi libelar oleh Raffles adalah masih kuatnya kedudukan unsur-unsur feudal

b. Politik Ekonomi Liberal oleh Pemerintah Kolonial Belanda

Dengan kembalinya Pemerintahan Kolonial Belandadi Indonesia maka system liberal yang telah dirintis oleh Raffles kembali diubah, Faktor yang paling menentukan plitik colonial adalah keadaan dealam negerinya sendiri.

Landelijk Stelsel adalah jalan tengah di antara kedua pilihan itu. Sementara itu, pada periode 1850-1870 ditandai oleh pesatnya kemajuan perdagangan Eropa. Hal itu menyebabkan negeri belanda mendapatkan keuntungan dari perkembangan perdagangan. Dengan dikeluarkannya UU Agraria, 1870 indonesia memasuki zaman penjajahan baru, yaitu zaman pemerintah liberal kolonial, Maka sejak tahun 1870 di Indonesia diterapkan imprealisme modem (modem imprealism). Hal ini berarti Indonesia dijadikan tempat untuk mendapatkan bahan mentah atau bahan baku industri di Eropa, tenaga kerja yang murah, tempat pemasaran barang-barang produk Eropa, dan penanaman modal asing.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

Sejak tahun 1870 di Indonesia telah diterapkan politik ekonomi terbuka, yaitu politik pintu terbuka terhadap modal-modal dari Belanda, Inggris, Amerika, Jepang, dan, Belgia.

i~&.I·GmiI

Berilah tanda silang pada jawaban yang benar !

1. Declaration of Independence disusun oleh a. Samuel Adam

b. Goegrge Washington

c. Thomas Paine

d. Thomas Jefferson

e. Colombus

2. Tokoh-tokoh

1. Denis Diderot

2. Jean Jacques Rousseau

3. Samuel Adams

4. J. d' Alembert

Yang merupakan tokoh rasionalisme dan Aufklarung adalah

a. 1 dan 2

b. 2 dan 3

c. 3 dan 4

d. 2 dan 4

e. 1 dan 4

3. Kapan perancis menyerbu penjara Bastille

a. 20 Juli 1789

b. 14 Juli 1789

c. 27 Agustus 1789

d. 4 Juli 1776

e. 23 Juli 1916

4. Siapa tokoh yang mengajarkan tentangtrias politika

a. Voltaire

b. Montasquieu

c. Goerge Plekhanov

d. Josef Dsctugaschvili

e. Darsono

5. Tokoh yng menerapkan system pajak tanah (Landret system)

a. Raffles

b. Colombus

c. Voltaire

d. Thomas Paine

e. Geori Lvov

6. Tahun berapa Human Right dimasukkan ke dalam UUD menjadi Bill of Right

a. 1788

b. 1789

c. 1790

d. 1791 1792

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

7. Tokoh-tokoh

1. Mirabeau

2. Lafayette

3. Napoleon Bonaparte

4. Sieyes

5. Geogre Plekhanov

6. Vladimir Ulyanov

Yang termasuk dalam Dewan Konstituante adalah

a. 1,3,4

b. 3,5,6

c. 2,4,5

d. 1,2,4

e. 3,4,5

8. Pada tahun berapa Belanda dikuasai oleh Jerman

a. 1939

b. 1940

c. 1941

d. 1942

e. 1943

9. Pada tanggal berapa GAPI (Gabungan Politik Indonesia) mengadakan rapat umum yang mencapaipuncaknya

a. 12 Agustus 1939

b. 12 September 1939

c. 12 Okteber 1939

d. 12 November 1939

e. 12 Desember 1939

10. Sejak tahun berapa Indonesia telah diterapkan politik ekonomi

a. 1850

b. 1870

c. 1795

d. 1920

e. 1918

11. Salah satu factor pendorong Revolusi Indusri pertama kali terjadi di Inggris adalah, kecuali

a. Inggris memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan industri

b. Jumlah penduduk Inggris cukup besar

c. Munculnya mesin-mesin penggerak

d. Inggris kaya akan barang tambang

e. Letak inggris strategis

12. Pada tnggal berapa ISDV menjadi partai komunis Hindia

a. 7 Mei 1920

b. 25 Maret 1918

c. 23 Mei 1920

d. 5 Juli 1908

e. 3 Mei 1920

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

13. Seorang tokoh yang menulis artikel berjudul "Zegepraal" (Kemenangan) yang memuliakan Revolusi Februari Kerensky di Rusia adalah

a. Sneevliet

b. Darsono

c. Adolf Baars

d. Voltarre

e. Denis Didert

14. Pada tahun 1492 siapakah yang mencapai kepulauan Bahama, Cuba, Santo Demingo adalah

a. Napoleon

b. Conwallis

c. Columbus

d. Montesquieu

e. Benjamin Franklin

15. "Als ik een Nederlander was" sebuah artikel yang ditulis oleh

a. Dwidjosewoyo

b. Benjamin Franklin

c. Darsono

d. Adolf baars

e. Soewandi Soeryanungrat

16. Revolusi Industri Inggris terjadi karena

a. Jajahan Inggris di India

b. Tersedianya kekayaan akan uang dan emas

c. Imperialisme di motivasi oleh semanat Kristenisasi

d. Inggris mimiliki modal yang cukup mengembangkan industri

e. Letak Inggris yang strategis

17. Tokoh utama pelaku pembrontakan Revolusi Rusia adalah

a. Goerge Plekhanov

b. Kerensky

c. Lenin

d. Tsar Nicolas II

e. Sneevlit

18. Karangan yang berjudul "Comon Sense" ditulis oleh

a. Thomas Paine

b. Samuel adams

c. Thomas Jefferson

d. Goerge Washington

e. J.J Rosseau

19. Belanda dikuasai oleh Jerman pada bulan

a. Juli

b. Agustus

c. Desember

d. Januari

e. Mei

20. Sebuah buku yang isinya tentang kebebasan dan kemerdekaan ditulis oleh

a. Denid Diderat

b. J. d' Alembert

c. Montesquieu

d. Voltaire

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

21. Salah satu tokoh Paham Romantisme adalah

a. Darsono
b. Voltarre
c. J.J.Resseau
d. Sneevliet e. Lenin

22. Siapakah yang diusir dari Indonesia pada bulan Desember 1918 adalah

a. Sneevliet

b. Adolf Baars

c. Lenin

d. Kerensky

e. Voltarre

23. Kongres Boedi oetomo dilaksanakan pada tanggal

a. 5 dan 6 Juli 1915

b. 23 dan 24 Juli 1916

c. 3 dan 4 Januari 1905

d. 12 dan 13 Agustus 1915

e. 5 dan 6 Agustus 1915

24. Salah satu organisme yang lebih menonjolkan paham Itemasionalismenya dengan menganggap dirinya sebagai keluarga dari komite adalah

a. Parindra

b. PKI

c. Partindo

d. PNI Bam

e. Indische Partj

25. Pada tahun berapa Paham Romantisme muncul

a. 1789

b. 1750

c. 1798

d. 1790

e. 1915

26. Salah satu temuan Daimler pada masa Revolusi adalah

a. Mobil

b. Kapal api

c. Lokomotif

d. Pesawat Terbang

e. Balon udara

27. Pada tahun 1769 James watt menemukan

a. Lokomotif

b. Mesin uap

c. Aliran Listrik

d. Mobil

e. Pesawat terbang

28. Kapan munculnya Kapitalisme kuno

a. Abad ke 12-14

b. Abad ke 11

c. Abad ke 16-18

d. Abad ke 18-20

e. Abad ke 13-16

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

29. Pada tanggal berapa golongan III Pembentukan Dewan (Assemble Nationale)

a. 17 Juni 1789

b. 18 Juni 1789

c. 19 Juni 1789

d. 20 Juli 1789

e. 22 Juli 1789

30. Nasionalisme di Asia-Afrika termasuk di Indonesia disebabkan oleh Negara

a. Eropa

b. Amerika

c. Imperalis barat

d. Imperalis Eropa

e. Imperalis Amerika

31. 1. Bersifat organisasi budaya

2. Bersifat social-ekonomi dan religius

3. Bersifat politis

4.Bersifat nasionalis yang berujung untuk mengangkat harkat, martabat

bangsanya.

Manakah dari pernyataan diatas yang merupakan kesamaandari pergerakan nasional Budi oetomo, Serikat islam, Indische partij

a. 1

b.2

c. 3

d. 4

e. Semua benar

32. Pada abad ke 19 dan abad ke 20 Paham apa yang menyebar berbagai penjuru dunia adalah

a. Paham Demokrasi

b. Paham Liberalisme

c. Paham Nasionalisme

d. Paham Romantisme

e. Paham Kebebasan dan Perdagangan

33. Semboyan dari Revolusi Perancis adalah

a. Leberty, Egality, Fraternity

b. Gospel, Gold, Glory

c. Vini, Vidi, Vici

d. Momento Moti

34. Paham yang menggap bahwa pikiran dan akal merupakan satu-satunya dasar untuk memecahkan problem mengutamakan akal daripada emosi adalah

a. Liberalisme

b. Romantisme

c. Rasionalisme

d. Kapitalisme

e. Nasonalisme

34. Siapakah pendiri Partai Sosialisasi Demokrat dengan programnya yang moderat

a. Tsar Nicolas II

b. Lenin

c. Georgeplekhanov

d. Vladimir ulyanov

e. Josef Pshugashuili

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

35. Pada abad ke berapa Paham Nasionalisme muncul

a. Abad 16

b. Abad 17

c. Abad 18

d. Abad 19

e. Abad 20

36. Apakah dampak Revolusi Amerika bagi Indonesia

a. Hak asasi bangsa Indonesia terinjak-injak

b. Munculnya golongan terpelajar

c. Harkat martabat Indonesia terangkat

d. Indonesia merdeka

e. Indonesia menjadi semakin terpuruk

37. Dalam bidang politik, paham yang berkembang di Inggris ketika berlangsung Revolusi Agraria dan Revolusi Industri adalah

a. Liberalisme

b. Nasionalisme

c. Rasionalisme

d. Romantisme

e. Kapitalisme

37. Pada tahun berapakah Sneevliet menulis artikel yang berjudul Zegepraal

a. 1718

b. 1819

c. 1917

d. 1921

e. 1626

38. Pada bidang ekonomi Revolusu Industri terjadi tiga masa perkembangan

yaitu Kapitalisme kuno, muda dan modern. Kapitalisme muda terjadi pada abad

a. 16-18

b. 13-16

c. 18-20

d. 17-19

e. 21-23

39. Salah satu tokoh yang menyusun deklarasi yang dikenal dengan Declaration of Independence adalah

a. Thomas Jeffreson

b. Thomas Paine

c. Geogre Plekharov

d. Mohammad Hoesni Thamrin

e. Vladimir Ulyanov

40. Kapankah Thomas alfa Edison menemukan lampu pijar

a. 1816

b. 1827

c. 1872

d. 1887

e. 1863

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

41. Siapakah penemu pesawat terbang

a. Wilbur wright dan Orvilk wright

b. Abraham Darby

c. James Hergraves

d. James Watt

e. Campton

42. Apakah hasil temuan Abraham Dalby

a. Batu-bara yang digunakan untuk melelehakn besi

b. Alat pemintal

c. Mesin uap

d. Aliran listrik

e. Balon udara

43. Sejak tahun berapa Indonesia telah diterapkan politik ekonomi terbuka

a. 1850

b. 1870

c. 1795

d. 1920

e. 1918

44. Siapakah yang menemukan sepeda pada tahun 1816

a. Campton

b. Niepee

c. Symington

d. Daimler

e. J ames watt

45. Kapitalisme modem terjadi pada abad

a. 18-20

b. 13-16

c. 18-21

d. 6-8

e. 13-15

46. Bentuk pemerintahan setekah disahakn UUD Prancis, 14 Juni 1789 adalah

a. Monarki Konstitusional

b. Monarki Absolut

c. Demokarasi Prlementer

d. Republik Demokrasi

e. Republik Aristokrasi

47. Pada tang gal berapa Indie Weerbar memutuskan pembentukan kekuatan militer baik laut maupun darat dari kalangan bumiputra

a. 6 Agustus 1915

b. 3 Desember 1916

c. 23 Juli 1916

d. 23 Juli 19188

e. Mei 1890

48. Pada tahun berapa pecahnya perang Kemerdekaan Amerika

a. 1930

b. 1920

c. 1773

d. 1870

e. 1774

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

~.teri Se.i.r.b Kel.s XI IPS ~~-----------.

49. Tahun berapakah terjadi perang tujuh tahun di di Eropa

a. 1980-1784

b. 1850-1853

c. 1765-1770

d. 1756-1763

e. 1756-1754

50. Pada tang gal berapa Indie Weerbar memutuskan pembentukan kekuatan militer baik laut maupun darat

a. 23 Juli 1916

b. 6 Agustus 1780

c. 5 Desember 1915

d. 22 Juli 1916

e. 20 Spetember 1939

II Isilah titik-titik dibawah ini !

1. Apa yang dimaksud dengan liberalisme .

2. Sebutkan dampak Revolusi Perancis .

3. Apa latar belakang dari Revolusi Perancis .

4. Sebutkan penyebab terjadinya Revolusi Amerika .

5. apa yand dimaksud dengan Dewan Soviet .

6. Apa judul buku yang ditulis Sneevliet .

7. Apa yang dimaksud dengan ekonomi terbuka .

8. Sebutkan 3 masa pada pertentangan Kapitalisme .

9. Sebutkan dampak Revolusi Industri dalam bidang social .

10. Pada tanggal berapa soviet di petograd dibubarkan .

11. Apa penyebab dihapusnya F eodalisme .

12. Sebutkan tokoh-tokoh Rasionalisme dan Aufklarung .

13. Sebutkan organisasi apa saja yang menganggap bentuk dengan pendapat kaum

terpelajar. .

14. Apa pendapat Thomas Painedalam sebuah karangannya yang brjudul "Coman Sense"

15. Apakah semboyan yang ditentang keras oleh rakyat Amerika Serikat yang dipimpin

oleh Samuel Adams .

16. Apa yang menyebabkan meletusnya perang antara rakyat Amerika dan Inggris

17. apa bangsa yang mendiami Benua Amerika sebelum kemudian ditklukkan oleh bangsa

Indian .

18. Jelaskan apa yang dimaksud dengan "Zegepraal" .

19. Apa bentuk pemerintahan perancis pada 14 Juni 1789 .

20. Pda tahun 1780 siapakah yang menemukan Aliran Listrik .

Nilai

Paraf

Catatan:

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http://ariesgoblog.wordpress.com!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->