P. 1
Bab5KehidupanMasyarakatIndonesiaMasaKolonial

Bab5KehidupanMasyarakatIndonesiaMasaKolonial

|Views: 2,612|Likes:
Published by hernijuwita

More info:

Published by: hernijuwita on Oct 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/29/2013

pdf

text

original

~ateri Se.

iarah Kelas XI IPS ~~----------- •

~~u - . ~ -::::::::-

- - - PERKEMBANGAN KEHIDUPAN MASYARAKAT
BAB
PADA MASA KOLONIAL
4
.:::::::;:. .:::::::- PERKEMBANGAN KEHIDUPAN MASY ARAKA T P ADA MASA KOLONIAL

KOLONIALISME

SEMANGAT KOLONIALISASI BARA T DI DUNIA

MASA KOLONIAL DI INDONESIA

DAN

IMPERIALISME

atm:~PI}' W~,!}"'~"aWt:S,22JNehSire.d!lll:ll!

BiDguDg be1aj1l' SejIlIh ?

KmJjmJgi .gaBISTORYBDUCATlON eli IdtyJ/ariesaoblog.WOJdtnuomI

SISTEM BIROKRASI KOLONIAL

SISTEM

PEMERINTAHAN

KOLONIAL

SISTEM HUKUM KOLONIAL

SISTEM PEREKONOMIAN

BIDANG KEAGAMAAN

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

KEBIJAKAN

PEMERINTAHAN

KOLONIAL

PERLAWANAN SETELAH TAHUN 1800

PERLAWANAN MENENTANG DOMINASI ASING

PERLAWANAN SEBELUM TAHUN 1800

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

A. Perluasan Kekuasaan Kolonial di Indonesia * Pengertian Kolonialisme dan Imperialisme .. Kolonialisme

Pada umumnya Kolonialisme dan Imperialisme memiliki arti yang sarna, yaitu penjajahan atau penguasaan terhadap suatu daerah dan suatu bangsa oleh bangsa lainnya. Kata "Koloni" berasal dari bahasa Latin, "Colonia" yang artinya tanah, tanah pemukiman atau jajahan. Dalam sejarah perkembangan koloni, politik colonial modem mulai tumbuh semaeak sejak abad ke-16. dalam abad ke-17 muncul bangsa Inggris, Perancis dan Belanda yang menguasai sebagian Amerika Utara, Hindia Barat, Hindia Muka (daerah Asia Selatan) dan Hindia Timur (Hindia Belanda). Sedangkan pada abad ke-19 merupakan puncak perkembangan kolonialisme, karena hamper seluruh wilayah kawasan banua Afrika dikuasai oleh bangsa-bangsa Barat (Eropa). Bahkan pada abad ke-20 Jepang dan Amerika Serikat juga melaksanakan politik kolonialnya. Oleh karena itu, sejak awal muncul dan berkembangnya politik colonial yang dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa memiliki tujuan yang sarna, yaitu menguras sumber-sumber kekayaan daerah koloni demi perkembangan industri dan memenuhi kejayaan dari Negara-negara yang melaksanakan politik kolonial tersebut.

.. Imperialisme

Kata "Imperialisme" berasal dari kata "Imperator" yang artinya memerintah. Ada juga kata lain yang masih berhubungan dengan kata "Imperialisme" yakni "Imperium" yang dapat diartikan sebagai sebuah kerajaan besar dengan mamiliki daerah jajahan yang amat luas. Namun, dalam perkembangannya, Imperialisme muncul di Inggris pada masa berkembangnya industri modem.

@ Berdasarkan Waktu Munculnya

Berdasarkan waktu munculnya, Imperialisme dibedakan menjadi Imperialisme Kuno dan Imperialisme Modem. Tujuannya adalah mencapai kejayaan (Glory), memiliki kekayaan (Gold) dan menyebarkan agama (Gospel). Sedangkan Imperialisme modem berlangsung setelah Revolusi Industri. Munculnya Imperialisme modem disebabkan oleh keinginan Negara penjajah mengembangkan perekonomiannya.

@ Berdasarkan Tujuan Penguasaannya -A- Imperialisme Politik

Adalah upaya untuk menguasai seluruh kehidupan politik dari Negara lain. -A- Imperialisme Ekonomi

Adalah suatu upaya untuk dapat menguasai perekonomian N egara lain. -A- Imperialisme Kebudayaan

Adalah suatu upaya untuk menguasai mentalitas dan j iwa dari N egara lain. -A- Imperialisme Militer

Adalah suatu upaya untuk menguasai daerah-daerah dari Negara lain yang dianggap strategis dengan menggunakan kekuatan angkatan bersenjata.

@ Akibat Imperialisme dalam Bidang Politik dan Ekonomi

Negara Imperalis menjadi pusat kekayaan, sedang Negara jajahan terus bertambah miskin.

@ Akibat Imperialisme dalam bidang Sosial-Budaya

Kaum Imperalis dapat hidup mewah dan lebih maju, sedangkan rakyat jajaha serba kekurangan dan semakin suram.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

* Hubungan Merkantilisme, Revolusi Industri dan Kapitalisme dengan Perkembangan Kolonialisme Barat di Indonesia.

* Merkantilisme dan Kapitalisme

Merkantilisme merupakan suatu kebijakan politik dan ekonomi dari Negara-negara Imperialis dengan tujuan menumpuk kekayaan berupa logam mulia sebanyakbanyaknya sebagai standard an ukuran kekayaan yang dimiliki, kesejahteraan dan kekuasaan N egara tersebut.

* Revolusi Industri

Perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat pada awal dan merupakan kumpulan dari berbagai penemuan serta pengalaman yang mendatangkan kekayaan dengan tiba-tiba.

* Perkembangan Struktur Birokrasi, Sistem Pemerintahan dan Sistem Hukum pada Masa Kolonial.

1. Struktur Birokrasi Kolonial

Salah satu akibat dari perluasan dan pemantapan kekuasaan Hindia Belanda (Pax Nederlandica) adalah perlunya tenaga-tenaga pribumi yang dapat mengerjakan beberapa keperluan administrasi pemerintahan.

2. Sistem Pemerintahan Kolonial

Pada system pemerintahan kolonial, pemerintahan dikendalikan oleh orang-orang Belanda dan para penguasa pribuminya atas dasar perintah dari Gubemur Jenderal.

3. Sistem Hukum Kolonial

Dalam pembentukan kitab Undang-Undang Hukum untuk kaum pribumi terdapat dua aliran. Pertama, hendak menundukkan orang-orang Indonesia kepada hokum Eropa. Kedua, membuat kitab Undang-Undang tersendiri untuk orang Indonesia.

* Perluasan Aktivitas Ekonomi Pemerintah Kolonial dan Swasta Asing * Perkembangan Ekonomi Pemerintah Kolonial

Untuk mengatasi ekonomi Negara, pemerintah kolonial mencoba untuk menggali potensi Negara jajahan melalui pelaksanaan system tanam paksa (Romusha).

* Perkembangan Ekonomi Swasta Asing

Perkembangan ekonomi dari golongan timur Asing cukup tinggi, karena mereka memiliki hubungan dekat dengan pemerintah kolonial.

* Perkembangan Ekonomi Masyarakat di Berbagai Daerah

Ekonomi masyarakat di berbagai daerah sulit untuk berkembang kea rah kemajuan, kerana masyarakat tersebut hanya sebagai buruh atau tenaga kerja kasar dengan menerima upah yang sangat rendah. Sehingga dengan upah yang rendah itu sulit bagi mereka untuk mendapatkan kehidupan yang layak, apalagi meningkatkan kehidupan ekonominya.

* Pengaruh Perkembangan Ekonomi

® Perdagangan

Masyarakat pada masa itu tidak memiliki kesempatan untuk memperdagangkan hasil buminya, karena hasil bumi mereka terpaksa harus dijual kepada para pedagang-pedagang asing yang mendapat perlindungan pemerintah.

® Pertanian dan Perikanan

Pada masa kolonial banyak masyarakat Indonesia bergerak dalam pertanian dan perikanan. N amun, hasil pertanian dan perikanannya seri dapat mereka nikmati karena dirampas oleh pemerintah kolonial Belan

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

® Industri dan Infrastruktur

Banyak perusahaan asing di Indonesia yang terjun di bidang Industri ini dengan mendatangkan mesi-mesin produksi dan perlengkapan pengolahan bahan. Pemerintah kolonial Belanda juga membangun infrastruktur seperti irigasi, jalan raya dll demi menunjang kelancaran pengangkutan hasil-hasil perusahaan perkebunan dari daerah pendalaman ke daerah pantai atau pelabuhan-pelabuhan yang akan meneruskan ke dunia luar.

® Taraf Hidup Masyarakat Indonesia

Selama bangsa Indonesia berada di bawah kakuasaan bangsa Asing, maka selama itu pula taraf kehidupan bangsa Indonesia di bawah garis kemiskinan dan kehidupan yang penuh dengan penderitaan.

B. Perlawanan Bangsa Indonesia Menentang Dominasi Asing * Perlawanan Sebelum Tahun 1800

® Sultan Baabullah Menentang Portugis (Ternate)

Bangkitnya rakyat Ternate di bawah pimpinan Sultan Baabullah menentang Portugis, disebabkan karena tindakan bangsa Portugis yang sudah melampui batas. Terlebih lagi seteleh "kaki tangan" bangsa Portugis menikam Sultan Hairun hingga tewas, ketika memasuki benteng untuk merayakan perjanjian perdamaian yang disepakatinya.

® Dipati Unus Menyerang Portugis di Malaka

Serangan kerajaan Demak ke Malaka dipimin oleh Dipati Unus (Putra Raden Patah) merupakan bukti kecemasan terhadap Portugis.

® Panglima Fatahillah Menduduki Jawa Barat

Keeratan hubungan antara kerajaan Pajajaran dengan dengan bangsa Portugis membuat kerajaan Demak ingin menggagalkan hubungan itu. Kerajaan Demak mengirim pasukannya ke Jawa Barat di bawah pimpinan Fatahillah.

® Sultan Iskandar Muda Menyerang Portugis

Sebelum Malaka j atuh ke tangan Portugis tahun 1511, wilayah bagian utara Sumatera menjadi bagian dari kekuasaan Malaka. Kerena rasa kekawatiran rakyat Malaka tehadap kegiatan-kegiatan Portugis, oleh karena itu kerajaan Aceh di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda mengirim pasukan untuk menyerang Portugis di Malaka, namun serangan itu mengalami kegagalan.

® Sultan Agung Menyerang Belanda di Batavia

Sultan Agung raja terbesar Kerajaan Mataram, mempunyai cita-cita untuk menjadikan wilayah pulau Jawa sebagai daerah kakuasaan yang berundangundang di bawah panji Kerajaan Mataram. Untuk mencapai cita-citanya itu, Sultan Agung harus dapat mengusir VOC dari Batavia.

® Sultan Ageng Tirtayasa Menentang Belanda

Sultan Haji, anak angkat Sultan Ageng Tirtayasa in gin mengembalikantahta Kerajaan Banten ke tangannya, untuk itu Sultan Haji meminta bantuan VOC di Batavia. Atas batuan VOC, Sultan Ageng Tirtayasa berhasil ditangkap dan dibawa ke Batavia. Sultan Haji berhasil menduduki tahta Kerajaan Banten yang sebagian wilayahnya diambil alih oleh VOC.

® Sultan Hassanudin Menentang Belanda

Untuk memperkuat kekuasaan dagangnya, Sultan Hassanudin menduduki Sumbawa, sehingga jalur pelayaran perdagangan dapat dikuasai

Penguasaan yang dilakukan Sultan Hassanudin itu dianggap sebagai ~",{HJ _

oleh Belanda dalam aktivitas perdagangannya

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

* Perlawanan sesudah Tahun 1800 ® Perlawanan Rakyat Maluku

Perlawanan-perlawanan yang dilakukan oleh rakyat di daerah Maluku mendapat dukungan dari berbagai kalangan seperti :

.. Perlawanan Sultan Nuku (Tidore) (1797-1885)

Dalam usaha mengusir Belanda, Sultan Nuku berhasil membina angkatan perang dengan inti kekuatannya adalah armada yang terdiri 200 buah kapal perang dan 6000 orang pasukan .

.. Perlawanan Kapitan Pattimura

Dengan kegigihan rakyat Maluku di bawah pimpinan Kapitan Pattimura, akhirnya Benteng Duurstede jatuh ke tangan rakyat. Namun, pada akhirnya Kapitan Pattimura bersama beberapa orang temannya tertangkap dalam suatu pertempuran. Pada tanggal 16 Desember 1817 Kapitan Pattimura dan kawan seperjuangannya menjalani hukuman mati di tiang gantungan.

® Perang Padri

Pada mulanya gerakan Perang Padri adalah suatu gerakan untuk memurnikan ajaran agama Islam di wilayah Sumatera Barat.

.. Sebab-sebab Perang Padri

Menurut ajaran Islam, masalah kekerabatan yang berhubungan dengan warisan sebenarnya harus bersifat patrilineal, sedangkan yang berlaku di Minagkabau adalah Matrilineal.

.. Jalannya Perang Padri

Menurut cerita rakyat setempat, raja diundang oleh Tuanku Pasaman ke Kota Tengah untuk diajak berunding. Tuanku Pasaman adalah seorang tokoh kaum Padri yang beraliran Radikal.

® Perang Diponegoro

Golongan rakyat-rakyat jelata sangat membenci tindakan-tindakan yang dilakukan oleh bangsa Belanda, maka dari itu rakyat-rakyat jelata sangat mengaharapkan kedatangan seorang atu Adil yang dapat memimpin mereka dalam menghadapi Belanda .. dan beliau adalah Pangeran Diponegoro.

.. Latar Belakang Perang Diponegoro

J... Sebab-sebab Umum

• Kekuasaan Raja Mataram semakin kecil dan kewibawaannya mulai merosot.

• Kaum bangsawan merasa dikurangi penghasilannya, karena daerahdaerah yang dulu dibagi-bagikan kepada para bangsawan, kini diambil oleh pemerintah Belanda.

• Rakyat yang mempunyai beban seperti kerja rodi, pajak tanah dan sebagainya merasa tertindas.

J... Sebab-sebab Khusus

Sebab-sebab khusus terjadinya Perang Diponegoro adalah pembuatan jalan yang melalui makam leluhur Pangeran Diponegoro di Tegal Rejo.

.. Jalannya Perang Diponegoro

Pangeran Diponegoro (1785-1855) seorang putra bangsawan yang menentang kesewenang-wenangan Belanda. Ia bersama dengan para pengikutnya mengobarkan Perang Diponegoro atau biasa disebut juga dengan Perang Jawa. Perang ini berlangsung dari tahun 1825-1830.

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

.. Akhir Perang Diponegoro

Dengan tertangkapnya Pengeran Diponegoro, maka berakhirlah Perang Diponegoro dengan Belanda. Belanda mengakui bahwa Perang Diponegoro merupakan perang yang paling hebat, karena pihak Belanda banyak mengeluarkan biaya perang.

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Kata "koloni" berasal dari bahasa Latin "Colonia" yang artinya tanah,yaitu ...

a. Tanah pemukiman ataujajahan

b. Tanah pemukiman yang dijajah

c. Tanah pemukiman yang menjajah

d. Tanah pemukiman yang menjajah

e. Tanah yang menjajah

2. Menurut catatan sejarah sistem kolonial muncul pada zaman ...

a. Eropa c. Belanda

b. Yunani Kuno d. Portugis

3. Bangsa yang dapat disebut sebagai kolonisator pertama adalah Bangsa .....

a. Eropa dan Portugis c. Portugis dan spanyol

b. Yunani dan Portugis d. Spanyol dan Yunani

4. Pada abad ke-19 merupakan puncak perkembangan kolonialisme,karena hampir seluruh wilayah kawasan benua Afrika dikuasai oleh bangsa-bangsa Barat. Yang dimaksud dengan Bangsa Barat tersebut adalah ...

a. Yunani c. Spanyol

b. Portugis d. Eropa

5. Pada abad ke-20 terdapat dua negara yang melaksanakan Politik Kolonial,yaitu ...

a. J epang dan Amerika Serikat c. Eropa dan J epang

b. Amerika Serikat dan Eropa d. Semua benar

6. Perkembangan Politik Kolonial mengalami puncaknya pada abad ke ...

a. 18 c.20

b. 19 d. 17

7. Perdana Menteri Inggris bercita-cita in gin mewujudkan suatu imperium Inggris yang meliputi seluruh daerahjajahan Inggris di seluruh dunia. Siapakah Perdana Menteri Inggris ...

a. Joseph Benyamin

b. Joseph Chamberlain

c. Benyamin Disraeli

d. Semua salah

8. Para pendukung Disraeli disebut dengan golongan ...

a. Imperialisme c. Imperium

b. Disraeli Imperator d. Imperator

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

9. Imperialisme kuno berlangsung .... terjadinya Revolusi Industri.

a. Sebelum c. Ketika

b. Sesudah d. Semua salah

10. Bagaimanajumlah negara-negara protektorat dan negara-negara mandat ketika Perang Dunia II berakhir...

a. Banyak

b. Sedang

c. Sangatbanyak

d. Sedikit

11. Suatu upaya untuk menguasai perekonomian negara lain adalah pengertian dari Imperialisme ...

a. Militer

b. Kebudayaan

c. Ekonomi

d. Politik

12. Negara yang menjadi pelopor pelaksanaan Imperialisme modern adalah negara ...

a. Jerman c. Spanyol

b. Belanda d. Inggris

13. Negara yang mempenagruhi kebudayaan sehingga menggeser kebudayaan asli negaranya adalah negara ...

a. Eropa

b. Spanyol

c. Rusia

d. Jerman

14. Pedagang Belanda berhasil mendarat di Banten pada tahun ...

a. 1569 c. 1595

b. 1596 d. 1565

15. Hukum kekayaan dimuat pada UUHP (Undang-Undang Hukum Perdata) yaitu pada tahun ...

a. 1585

b. 1595

c. 1855

d. 1856

16. Napoleon Bonaparte berasal dari negara ...

a. Eropa c. Spanyol

b. Belanda e. Perancis

17. Johannes Van Den Bosh menjabat sebagai Gubernur pada tahun ....

a. 1899 c. 1831

b. 2000 e. 1830

18. Johannes Van Den Bosh menjabat sebagai Gubernur di negara .....

a. Hindia Belanda c. Spanyol

b. Hindia Jawa e. Amerika Serikat

19. Nama lain pajak tanah adalah ...

a. Land Rent

b. Land

c. Rent

e. Rent Land

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

20. Upaya untuk menguasai seluruh kehidupan politik negara lain ialah ...

a. Imperialisme Budaya c. Imperialisme Politik

b. Imperialisme Ekonomi e. Imperialisme Militer

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

21. Kapitalisme kuno XII -XIV berkembang di negara ....

a. Italia c. Hindia Belanda

b. Brunei Darussalam d.China

22. Pedagang Belanda mendarat di Banten pada tahun ...

a. 1595 c. 1659

b. 1596 d. 1956

23. VOC dibubarkan pada tahun ....

a. 1997

b. 2001

c. 1799

d. 1979

24. Tahun 1511 Malakajatuh ke tangan negara .....

a. Portugis c. Amerika Serikat

b. Belanda d. China

25. Sultan Haji merupakan raja di wilayah ....

a. Kalimantan c. Jawa

b. Demak d. Banten

26. VOC memonopoli perdagangan di Indonesia bagian ....

a. Timur c. Utara

b. Barat d. Selatan

27. Kapitan Pattimura dan kawan-kawannya menjalankan hukuman mati pada tanggal... ..

a. 16 November 1817 c. 16 Desember 1817

b. 22 Desember 1817 d. 22 November 1817

28. Nama lain dari sistem Cultuur Stelsel adalah ....

a. Tanaman

b. Tanam Paksa

c. Tanam

d. Paksa Tanam

29. Salah satu buku karangan dari Raffles berjudul... ..

a. Histori of Java c. Histori of Raffles

b. Java of Histori d. Java of Raffles

30. Kota Konstatinopeljatuh pada tahun ....

a. 1543 c. 1453

b. 1345 d. 1455

31. Siapakah nama dari Pahlawan rakyat Batak. ...

a. Sisingamangaraja c. Muhammad Ali Syaifullah

b. Ki Hajar Dewantara d. Pangeran Hidayatullah

32. Pangeran Hidayatullah ditawan dan dibuang di daerah ....

a. Ciamis c. Cianjur

b. Jakarta d. Bogor

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

33. Pada tahun berapakah Kerajaan Bone jatuh dan kalah ....

a. 1861 c. 1680

b. 1860 d. 1681

34. Pada tahun 1906 negara Belanda berhasil menaklukkan sebuah Kerajaan di Indonesia, yaitu kerajaan ....

a. Sriwijaya

b. Tarumanegara

c. Demak

d. Tabanan

35. Belanda membentuk satu kesatuan kekuasaan pada abad ke ....

a. Ke-19 c. Ke-20

b. Ke-18 d. Ke-17

36. Perang Aceh terjadi selama .... tahun.

a. 53 tahun c. 23 tahun

b. 35 tahun d. 22 tahun

37. Perang yang terjadi di Aceh dengan kekuatan 8000 orang dipimpin oleh .....

a. J enderal Van Swieten c. Snouck Hurgrence

b. Van Heutsz d. Amirul Mukmin

38. Perundingan akhir Perang Diponegoro pada bulan Maret 1830 di adakan di daerah .....

a. Magelang c. Surabaya

b. y ogyakarta d. Mojokerto

39. Sentot menyerah kepada penguasa Belanda di kota .....

a. Magelang c. Y ogyakarta

b. J ombang d. Semarang

40. Perang Padri dipimpin oleh seorang Pahlawan, yaitu .....

a. Hidayatullah c. Sisingamangaraja

b. Imam Bonjol d. Letkol Raaf

41. Persatuan antara kaum Adat dan kaum Padri terjadi pada tahun .....

a. 1831 c. 1381

b. 1832 d. 1382

42. Sentot ditahan dan diasingkan di daerah .....

a. Kediri c. Batavia

b. Minagkabau d. Bengkulu

43. Imam Bonjol adalah seorang Pahlawan yang meninggal di kampung .....

a. J awa c. Talu

b. Luta d. Tatu

44. Benteng Duurstedi diserbu oleh rakyat Maluku di bawah pimpinan .....

a. Thomas c. Thomas Matulesi

b. Sultan Nuku d. Pattimura

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

45. Sultan Agung mengusir VOC yang pertama pada tahun .....

a. 1682 c. 1288

b. 1628 d. 1945

46. Bangsa Inggris, Perancis dan Belanda merupakan sebuah Bangsa yang bam muncul, yaitu pada abad ke .....

a. 16

b. 17

c. 18

d. 19

47. Terusan Suez dibuka pada tahun .....

a. 1666

b. 1906

c. 1689

d. 1869

48. Bangsa Portugis men gal ami keadaan yang sangat memprihatinkan pada tahun .....

a. 1755 c. 1557

b. 1575 d. 1665

49. Sultan Nuku berhasil membebaskan kota Soa Siu pada tang gal... ..

a. 04 Juli 1957 c. 21 Juni 1801

b. 22 Juni 1811 d. 20 Juni 1801

50. Kapitan Pattimura melakukan perlawanan pada tahun .....

a. 1181 c. 1818

b. 1817 d.I781

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1. Kolonialisme dan Imperialisme mempunyai arti yang sama, yaitu .

Jawab: .

2. Apa tujuan para petani Yunani mengolah tanah di daerah barunya .

Jawab: .

3. Pada abad ke-l 7 muncul beberapa Bangsa bam. Sebutkan 3 Bangsa bam itu .

Jawab: .

4. Apakah arti dari Imperialisme .

Jawab: .

5. Suatu sistem penjajahan secara langsung dari suatu negara terhadap negara lainnya

merupakan arti dari .

Jawab: .

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

TEKA-TEKI SILANG

HISTORY EDUCATION

~

2

2

3

Soal teka-teki silang

MENDATAR

1. Kata lain dari Imperialisme .....

2. Nama pasukan Marchausse .....

3. Gerakan dari Kiai Saman .....

4. Portugis meninggalkan

Temate untuk menuju .

5. Memiliki kekayaan .

MENURUN

1. Laki-Iaki, wanita dan anak-anak berpakaian serba putih .....

2. Sekolah Hakim .....

3. Menyebarkan Agama .....

4. Pangeran Hidayatullah ditawan oleh Belanda dan dibuang ke .....

5. Secara politik, pemikiran itu melahirkan .....

HISTORY EDUCATION

~

VItae

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!

1. Imperialisme kuno berlangsung sebelum terjadinya revolusi Industri, dengan tujuan

mencapai kejayaan ,memiliki kekayaan dan menyebarkan agama .

Jawab: .

2. Negara Imperialis merupakan pusat dari .

Jawab: .

3. Menjamin kepentingan ekonomi dan keamanan daerah merupakan tujuan dari .

Jawab: .

4. Negara Imperialis menjadi pusat kekayaan sedangkan negarajajahan terus miskin.

Jawab: .

5. Apakah yang dimaksud dengan Eropanisasi adalah .

Jawab: .

6. Benyamin Disraeli memunculkan sebuah istilah baru yang disebut dengan istilah .

Jawab: .

7. Sebutkan dua (2) negara-negara yang menganut aliran Imperialisme!. ..

Jawab: .

8. Penanaman modal atau Investasi yang terjadi di daerahjajahan biasanya dilakukan oleh

kaum .

Jawab: .

9. Perdagangan yang berpindah ke lautan yang lebih luas, yaitu ke .

Jawab: .

10. Pengertian dari Imperialisme Ekonomi adalah .

Jawab: .

11. Pada tahun 1595, empat (4) kapal yang in gin berangkat ke Banten merupakan pimpinan dari .....

Jawab: .

12. Apakah pengertian dari Imperialisme Politik. .

Jawab: .

13. Ada dua (2) golongan politik yang berpengaruh di kalangan elite Belanda, yaitu golongan

.... dan golongan .

Jawab: .

Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

~ateri Se.iarah Kelas XI IPS ~~-----------.

14. Siapakah juru bicara dari kaum liberal... ..

Jawab: .

15. Perkembangan ekonomi pada masyarakat kolonial Belanda sangat besar pengaruhnya

terhadap kegiatan .

Jawab: .

IHISTORY EDUCATION

~. ~

~
Nilai Paraf Catatan : Created by Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

HISTORY EDUCATION http ;llariesgoblog.wordpress.com!

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->