P. 1
Edisi 7

Edisi 7

|Views: 462|Likes:
Published by agundj14

More info:

Published by: agundj14 on Apr 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/24/2012

pdf

text

original

Edisi 7

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Edisi 7

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

TERBIT KAMIS 12 Halaman

Titian Kepemimpinan

WH
Pengalaman Masa Muda Bekal Memimpin Daerah
klik www.tangerangkota.go.id
KAYA pengalaman di masa muda, kesuksesan jua di masa depan. Pepatah-petitih ini bisa menggambarkan sosok Walikota Tangerang H. Wahidin Halim yang meniti jabatan kepala daerah berbekal sarat pengalaman masa mudanya. WH – sapaan akrab H. Wahidin Halim - sejak muda memang sudah dikenal sebagai pemuda yang memiliki bakat dan jiwa kepemimpinan. Dia mampu mengorganisir banyak orang, dia mampu memimpin, bahkan dia pun mampu memanajemen jalannya roda organisasi. Semisal saat kuliah di UI, dia aktif mengkoordinir remaja masjid (bersambung ke Hal 11)

LPSE KOTA TANGERANG PIONIR DI BANTEN
PUSPEM – Lagi, program gebrakan diluncurkan Walikota H. Wahidin Halim yang mencerminkan transpransi layanan publik dari Pemkot Tangerang berupa peluncuran Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).
Pr ogr am geb rakan di tahun 2010 ini adalah pertama kalinya di Propinsi Ba nten , sehin gga ten tu saja ini membuat bangga banyak kalangan. Bahkan sejumla h re kena n pe mborong pun menyambut positif dilaksanakannya LPSE tersebut karena dinilai bisa membuat proses tender di lingkup Pemkot Tangerang berjalan transparan dan bebas dari KKN. Walikota H. Wahidin Halim saat peluncuran LPSE pada 28 Pebruari 2010 bertep atan H UT ke- 17 Kota Tangerang, memaparkan sistem LPSE selain membuat proses tender lebih transparan, juga memenuhi unsur akuntabel, efektif, efisien, terbuka dan bersaing se ca ra seh at, se hing ga dapat meminimalisir peluang terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Mudah-mudahan, harap walikota, kecanggihan teknologi ini akan membawa kebaikan dan kemajuan. Hal ini tentunya juga kembali kepada manusia yang ada di belakang sistem ini. “Setin ggi ap apun teknologi tergantung kepada manusianya itu sendiri,” ungka pnya . N amun te rsir at harapan besar pemanfaatan , teknologi canggih ini akan mampu membuat iklim usaha di Kota Tangerang semakin baik lagi. inginkan pemerintah daerah clean and good goverment. Sisi lainnya, dengan pene rapa n ini Pemkot Tangerang diyakininya bisa mempertahankan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) da ri BPKRI a ta s Laporan Keuangan Daerah yang telah diraih dalam dua tahun berturut-turut.

Ketua DPRD: Pionir Banten, Malah Nasional
KETUA DPRD Kota Tangerang Herry Rumawatine menilai Kota Tangerang bisa dibanggakan bukan hanya sebagai pionir program Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) saja, tetapi pioner dalam segala hal di Propinsi Banten. (bersambung ke Hal 11)

Pertama di Banten Sementara Deputi Bidang Monitoring dan Evaluasi LKPP Ir. Himawan Adinegoro MSc, juga di saat peluncuran LPSE, menyatakan bahwa Kota Tangerang merupakan pioner yang mempergunaka n sistem layana n p engadaan barang/jasa secara elektronik di Propinsi Banten. “Propinsi Banten pernah dua kali berkunjung ke LKPP un tu k konsulta si. Sudah didorong, namun tidak ada kelanjutannya, berarti batal mempergunakan LPSE,” katanya menyayangkan. Dika takan pe ner ap an LPSE di Kota Tangerang dinilainya sebagai kebijakan sangat tepat, sebagaimana yang diinginkan Walikota H. Wahidin Halim yang meng-

Digelar Bintek Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Drs. H. Saeful Rohman Msi, mengutar akan siste m LPSE yang dibangun hanya membutuhkan waktu selama 1,5 bulan. Ini memang me ru pa ka n se bu ah tuntutan dalam percepatan pelayanan kepada rekanan penyedia barang dan jasa. Persiapan untuk mempergunakan LPSE pada tahun 2011, lanjut Saeful, Pemkot Tange rang telah menyiapkan tena ga p eng elolanya yang telah mengikuti bimb ingan teknis (bintek) kepa da 80 pegawai dari masingmasin g ( be rsam bung ke Hal 11)

Deputi LKPP: Kebijakan Sangat Tepat
“PILIHAN Pemkot Tangerang dalam pengadaan barang/jasa mempergunakan LPSE merupakan kebijakan yang sangat tepat. Sebagaimana Pak Walikota menginginkan untuk mempertahankan WTP, (bersambung ke Hal 11)

Hosbeny: LPSE Tekan Resiko KKN
LAYANAN Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) yan g diterapkan Pemkot Tangerang melalui Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Tangerang adalah sebuah langkah maju dan mampu menekan resiko KKN. (bersambung ke Hal 11)

Pantau Kinerja Posyandu Guna Mendukung Program GSI
TANGERANG - Ketua TP PKK Kota Tangerang Hj. Niniek WH, mengajak seluruh pengurus PKK kecamatan dan kelurahan untuk teru s memantau kinerja kegiatan pelayanan posyandu di wilayah binaannya masing-masing. Hal itu guna mendukung program Gerakan Sayang Ibu (GSI). Himbauan tersebut disampaikan Hj. Niniek dalam pertemuan rutin bulanan yang dihadiri oleh sekitar 200 perwakilan pengurus PKK kec am atan , ke lu rahan, dan kader PKK seKota Tangerang, (bersambung ke Hal 11)

MAN AJEMEN Akhlaqul Karimah

Jangan Sekutukan Allah
Oleh: H. Ahmad Chairudin
SEBAGAIMANA sudah sama-sama kita imani, bahwa Allah SWT menciptakan kita semata-mata untuk beribadah. Artinya kalau kita sebagai pegawai, b ekerja din iatkan ibadah kepada Allah. Bila kita niatkan ibadah kepada Allah, maka insya Allah tidak akan melakukan pelanggaran aturan Allah maupun aturan manusia. Selain itu pun kita sudah mengimani, bahwa Allah itu satu, tidak ada tuhan selain Allah. (bersambung ke Hal 11)

Hj. Niniek WH memberikan pengarahan dalam pertemuan rutin bulanan PKK se-Kota Tangerang. (vanessa)

-2

KOTA KITA

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Edisi 7

Kualitas SDM Meningkat, Angka Kematian Ibu dan Anak Turun Signifikan
TANGERANG - Angka kematian ibu dan anak di Kota Tangerang terus mengalami penurunan yang signifikan seiring peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), angka harapan hidup, serta pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
Diungkapkan Walikota H . Wah idin H alim saa t memberikan pengarahan pada kegiatan Sosialisasi Bimb ingan G erakan Sayang Ibu (GSI) Kota Tan ge ra ng , be r te mp at d i Ruang Akhlakul Karimah, Pla za Puspe m Kota Ta n g e r a n g , R a b u (7/4), p r e sta si te r se b u t m e rupakan buah kerja keras Pemerintah Kota Tangerang dalam meningkatkan kualitas dan kesejahteraan sumber daya manusia. “Melalui program pendidikan, kesehatan dan pening ka ta n in fr astr uktu r serta didukung oleh meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengikuti program-program pemerintah seperti halnya program keluarga berencana,” te g a s w a likota . Di sisi p er e kon om ia n da n ke sejahteraan masyarakat, p e r tum b u h a n e kon om i dan pendapatan perkapita p r og r a m p e n in g ka ta n su m b e r d a y a m a n u sia yang berkualitas. Adapun gerakan ibu sehat ini sendir i dimaksudka n un tuk men ingkatka n pe ngetah u an m a sya r aka t kh u susnya kaum wanita untuk me njag a kese hata n ibu hamil dan menyusui serta untuk menurunkan tingkat kematian ibu dan anak. Menurut Abduh, tingkat kematian ibu dan anak di Kota Tangerang setiap tahunnya mengalami penurunan yang signifikan, contohnya di tahun 2008 tingkat kematian ibu mencapai angka 14 orang, di tahun 2009 turun menjadi 12 orang, demikian juga tingkat kematian neo natal bayi dari 89 kasus di tahun 2008, turun menjadi 59 di tahun 2009. Hal ini, lanjut Abduh, tak lepas dari, salah satu n ya, p e r a n p rog r a m keluarga berencana (KB) dimana jumlah akseptornya dari tahun ke tahun terus meningkat. Di tahun 2009 saja jumlah akseptor meng alami p eningkatan menjadi sejumlah 61.000 akseptor dari 29.000 yang ditargetkan. “Jumlah akseptor KB di Kota Tangerang mengalami peningkatan hingga 209 %. Jauh lebih tinggi dari jumlah yang ditargetkan.” Jelas Abduh. Kegiatan sosialisasi yang rutin diadakan tiap tahunnya ini, diikuti oleh hampir seluruh komponen masyarakat selaku stakeh olde rs p em ba ng un an , seperti perusahaan, rumah sa kit, ibu-ib u PKK, a ng gota Bin a Kelua rg a Balita (BKB), dan unsur masyarakat lainnya. (budi)

masyarakat juga mengalam i pe ning katan yan g berdampak luas terhadap tingkat kesejahteraan dan ku alitas ke se hatan m a-

syarakatnya. Sementara itu Abduh Surahman, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana

(BPMKB) Kota Tangerang, M.Si. mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan sosia lisa si ge r a ka n ib u sehat ini guna mendukung

Jadwal Mobil Penyebaran Informasi Dinas Infokom

Lagi, 2 Pegawai Peroleh Tiket Umrah Gratis dari WH
TANGERANG – Untuk memacu disiplin, semangat dan pengabdian para pegawai, Wa likota Tan ge ra ng H . Wahidin Halim memberikan hadiah umroh kepada pegawai yang mampu menyanyikan lagu-lagu wajib nasional, seperti “Indonesia Raya” dan “Padamu Negeri”. “Ini dalam rangka memotivasi dan sebagai salah satu bukti pengabdian pegawai,” ungkap walikota di hadapan para peserta apel pagi, yang diikuti oleh seluruh pegawai Pemerintah Kota Tangerang, bertempat di halaman Gedung Puspem, Senin (5/4). Saat menyatakan bahwa pegawai yang mampu menyanyikan lagu-lagu wajib itu dengan benar diberikan hadiah umroh ke tanah suci Mekkah. Dari beberapa orang pegawai yang berkesempatan maju ke depan para peserta apel, hanya dua orang yang mampu menyanyikan lagu “Padamu Negeri” dengan benar, yaitu staf pad a d ina s p erh ubungan dan kantor perpustakaan. Sedangkan yang lainnya gagal karena lupa lirik lagunya. Hal ini terang saja membuat dua orang pegawai itu sa ngat se nang , a pala gi ketika riuh tepuk tangan rekan-rekannya memberi semangat ketika mereka berhasil menyanyikan semua bait lagu dengan benar. Dalam pesannya, walikota meminta para pegawai untuk terus mendukung reformasi birokrasi dengan berpikir dan bertindak cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta bekerja sesuai aturan yang berlaku. walikota juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak khususnya

Sat Pol PP Terus Sweeping PKL
aparat Pemkot Tangerang yang terus bekerja keras guna mewujudkan Kota Tangerang yang bersih, sehat dan hijau. “Semangat itu hendaknya tetap dipelihara sehingga ke depannya dapat tercipta budaya atau sikap hidup bersih di kalangan masyarakat,” tegas WH. (budi) TANGERANG - Kegiatan swe ep in g atau pengamanan di titik-titik lokasi rawan pelanggaran K3 di 13 kecamatan rutin setiap hari dilakukan Sa t Pol PP Kota Tangerang. Menurut Kepala Bidang Penertiban Sat Pol PP, Mulyanto, Rabu Mulyanto (7/4), operasi pun kembali digelar di lokasi yang sudah pernah ditertibkan. “Apabila ditemukan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih membandel berdagang lagi dilokasi tersebut, maka perlengkapan dagangannya pun terpaksa harus diangkut sebagai barang bukti. Seperti dalam penertiban 100-an PKL di Jalan Mohamad Toha depan Pabrik Panarub Kecamatan Karawaci, penertiban PKL di Jalan Merdeka depan Terminal Cimone, pegawasan dan penertiban di Jalan Kisamaun Sukasari, dan Jalan Jenderal Sudirman Babakan. (vanessa)

BPPT Layani Perijinan dengan Cepat, Akurat dan Transparan
PUSPEM - Memudahkan investor mengurus perijinan pendirian perindustrian, perdagangan, jasa, perumahan baru, fasilitas kesehatan, dan fasilitas pendidikan, Pemerintah Kota Tangerang membentuk Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kota Tangerang di lantai I Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang di Jl. Satria-Sudirman No. 1. Kepala BPPT Kota Tangerang Agus Sugiono mengatakan, di BPPT ini diajukan cukup di satu tempat yaitu di kantor BPPT, sehingga pemohon tak perlu bolak-balik ke banyak kantor . Terdapat 60 jenis perijinan yang bisa diurus di kantor ini, di antaranya IMB, SIUP TDP, Ijin Gangguan , (HO), SIPA dan lain-lain. Sementara Aswani, Sekretaris BPPT Kota Tangerang mengutarakan pelayanan pada intansi ini dijamin cepat. “Sesuai dengan motto kami Berkas Lengkap, Pelayanan Cepat,” katanya. (imron)

Agus Sugiono
perijinan yang diajukan akan diurus secara cepat, akurat dan transparan. Para petugas di BPPT ini akan melayani perijinan yang

150 Pengusaha Pengadaan Ikuti Sosialisasi LPSE
TANGERANG – Sebanyak 150 pengusaha atau vendor mengikuti Sosialisasi dan Desiminasi Peraturan dan Perundang-undangan Jasa Konstruksi dan Bintek Pelaksanaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), yang digelar Dinas Informasi dan Komunikasi (Disinfokom) Kota Tangerang, 6-7 April di Padang Golf Modernland. Peserta pelatihan yang merupakan pengusaha perseorangan maupun anggota sejumlah asosiasi pengusaha di Kota Tangerang diantaranya ; Kadin, Apindo, Gapeknas dan Gapensi ini, mendapat materi pengenalan sistem LPSE, aplikasi sistem/simulasi sistem, sosialisasi peraturan Informasi Transaksi Elektronik (ITE) dan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 80 tahun 2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang Jasa Pemerintah. “Narasumber dari dinas infokom dan dari LKPP terang Hasan Basri, Kasi ,” Pemberdayaan Telematika, Disinfokom di sela pelatihan, Rabu (7/4). Tim LPSE yang diketuai Asisten II ini sudah siap, baik SDM maupun perangkatnya. Dan salah satu tujuan pelatihan ini adalah agar penyedia jasa bisa menggunakan sistem LPSE. Menurut salah satu pengusaha suplier peserta pelatihan, Edi, pelatihan ini bagus untuk menuju profesionalisme. Namun ia menilai LPSE ini ada bagusnya, tapi juga ada jeleknya. Jeleknya dengan sistem online ini persaingan dalam tender akan semakin ketat karena pesertanya bisa masuk dari mana saja. Namun dia sependapat bagaimana pun seorang pengusaha harus bisa mengikuti perkembangan. Sebab kalau tidak katanya, akan tertinggal. Ia juga mengaku belum menguasai internet, jadi ia akan tanya-tanya kepada yang lainnya. Diinformasikan pelatihan serupa juga telah diberikan kepada pelaku LPSE ; terdiri dari tim LPSE yaitu verifikator, registrator helpdesk, trainer serta , administrator sistem, panitia penyedia barang dan pejabat pembuat komitmen (PPK). Menyangkut ketersediaan sarana saat ini telah disiapkan server, training room, biding room, ruang verifikasi, ruang registrasi dan ruang help desk sementara di kantor Dinas Infokom. Bagi pengusaha yang mengalami kesulitan dalam mengakses layanan elektronik tersebut, tim akan memberikan bimbingan secara sukarela melalui fungsi help desk dan chatting dipandu petugas help desk. Sedangkan

Hasan Basri tengah memandu salah satu peserta pelatihan (budi)
khusus bagi penyedia barang dan jasa yang ingin mengetahui lebih detail mengenai LPSE Kota Tangerang bisa melalui sambungan telepon pada nomor 021-55764955 fax : 021-5576 4957 atau website LPSE Kota Tangerang dengan alamat, http://lpse.tangerangkota.go.id. Fasilitas hotsport pun telah disediakan di lingkungan gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. (budi)

Edisi 7

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

KOTA KITA

3Kecamatan Cibodas Lunas PBB Tercepat
CIBODAS – Kecamatan Cibodas telah terpilih menjadi salah satu Kecamatan tercepat lunas PBB di wilayah Barat. Karenanya mendapat hadiah sebuah sepeda motor dari Walikota Tangerang, Kamis Deni Koswara (25/3). Deni Koswara, Camat Cibodas mengatakan keberhasilan ini adalah salah satu bukti kerja keras dan kerja sama yang baik dari seluruh elemen, baik staf kecamatan, kelurahan dan juga masyarakat yang telah peduli dengan pembayar pajaknya. “Oleh karena itu saya atas nama pimpinan wilayah Kecamatan Cibodas mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan partisipasi masyarakat,” ucapnya. (wawan)

Wakil Walikota Tak Bosan Serukan Peran-serta Masyarakat

Kebersihan Kota Kian Terjaga
PUSPEM – Seruan agar upaya menjaga kebersihan Kota Tangerang melibatkan seluruh lapisan masyarakat yang tak tak bosanbosannya disampaikan Wakil Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah, akhirnya membuahkan hasil peran-serta masyarakat di banyak wilayah.
Kini di sudut-sudut wilayah terlihat kebersihan Kota Tangerang terpapar di mana-mana. Harap diketahui dengan seruan gencar itu, secara spesial di HUT ke17 Kota Tangerang medio Pa bru ari-Ma ret, b anyak kecamatan menggelar lomba kebersihan antarkelurahan, lalu kelurahan pun menggelar lomba kebersihan antar RT-RW, yang denyut-nadi peningkatan kebersihan wilayahnya sampai ke elemen masyarakat. Sontak sejak di bulan Pebruari itu hingga kini kebersihan Kota Tangerang pun menjadi semakin terjaga. Banyak warga Kota Tangerang, akhirnya bersyukur mereka tinggal di kota yang pimpinan daerahn ya pedu li pada kebersihan wilayahnya, sehingga kota metropolitan ini bisa terkategori sebagai kota yang terjaga kebersihannya. KOTA BENTENG menginformasikan Wakil Walikota Tangerang memang selalu menyerukan agar seluruh wa rga kota m au p edu li kebersihan kotanya. Di-

ka ta ka nn ya p an da ng an urusan menjaga kebersihan adalah urusan pemerintah saja adalah keliru. Upaya menciptakan kebersihan kota adalah urusan bersama pemerintah dan masyarakat. Bila masyarakat dan pe-

merintah telah bersamasama menciptakan kebersihan kota, yang lanjutannya adalah upaya menciptakan menjadikan budaya bersih, maka Kota Tangerang akan benar-benar menjadi kota yang bersih. Hal inipun bukan semata-

mata untuk meraih penghargaan Adipura saja, tetapi upaya meningkatkan kualitas kota yang lebih baik, ungkap Wakil Walikota H. Arief R Wismansyah dalam banyak kesempatan bertatap-muka dengan masyarakat. (imron)

10,5% PBB Berhasil Ditagih dalam Minggu I
BATUCEPER – Dalam minggu I penagihan PBB yang dimulai pada akhir bulan Maret, Kelurahan Batusari, Kecamatan Batuceper berhasil mengumpulkan sekitar 10,5 % dari total tagihan. Didin Komarudin Demikian ungkap Lurah Batusari, Didin Komarudin, ketika ditemui di kantornya, Senin (5/4). Dia menjelaskan bulan PBB telah disosialisasikan pada saat acara pembagian stimulan RT/RW minggu lalu. PBB dikumpulkan pada masing-masing ketua RT kemudian petugas kelurahan akan turun , mengumpulkannya. “Mudah-mudahan target PBB Kelurahan Batusari sekitar Rp. 58 juta akan terkumpul sesuai target pada bulan Agustus, seperti tahun lalu berhasil terlunasi,” terang Didin. (irfan)

Gerobak Motor Menjadi Alat Pengangkut Sampah di Panunggangan Utara
PINANG – Gerobak motor m e n ja d i a la t p e ngangkut sampah di Kelu ra ha n Pan un gg an an Utara, Pinang. Alat transportasi tersebut setiap h ar inya d im a nf aa tka n u n tu k m e n g a n g ku t sampah di RW 01 dan RW 02. Sampah-sampah dari rumah warga itu diangku t d e n g a n g e r ob a k motor yang dikemudikan Rohim. Selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan sampah sementa r a (T PS). S a m p a h yang ada di TPS sendiri se la n ju tn y a d ia n g ku t oleh mobil pengangkut sampah Dinas Kebersihan d an Per ta m an an Kota Tangerang. ”Sehari cukup tiga kali pengangkutan sampahnya,” kata Rohim. Den g a n g e r o b a k m otor pengangkutan sampah h a n ya sa m p a i p u ku l 11.00. Sebelum ada ger ob ak m otor b isa se harian. Dirinya mengaku bersyukur dengan adanya alat yang dibantu dari kelurahan, hal ini menjadi meringankan pekerjaan. H. Jabadi, Sekel Panunggangan Utara, Rabu (7/4), mengungkapkan kegiatan pengangkutan sampah dengan gerobak motor sud ah se bu la n. Sementara untuk wilayah RW yang belum masih dengan gerobak dorong. ”Mudah-mudahan nanti seluruh RW akan m em aka i motor ge robak,” ucapnya. (iwan)

Lurah Bugel Rutin Sosialisasi Program Pemerintah
KARAWACI – Demi m em ud ah ka n sosialisasi programprogram pemerintah, Lur ah Bugel Purnomo selalu menyempatkan diri jika diundang warga. “ Se na ng b ila me nd apa t u nd ang an pe rte mu an warga, baik acara RT maupun RW apalagi saat ac ara Mau lid Nab i ataup un p eringatan kemerdekaan,” ucap Purnomo, Senin (29/3), di ruang kerjanya. Di dalam pertemuan tersebut banyak yang dapat kita petik faedahnya, seperti lebih mengakrabkan diri kepada masyarakat dan menjalin tali silaturahmi. “Dengan demikian setiap undangan yang ada Insya Allah Saya akan datang bila tidak terbentur dengan acara kedinasan,” ucapnya. (wawan)

Motor gerobak di Panunggangan Utara menjadi alat tranportasi pengangkut sampah. (iwan)

Kecamatan Tangerang Gelar Pelatihan Sensus Penduduk 2010
TANGERANG - Camat Tangerang H. Mumung Nurwana dalam sambutannya saat m embuka keg iatan Pelatihan Sensus Penduduk 2010 (SP 2010) berpesan kepada 263 peserta tenaga pencacah dan koordinator tim yang dilatih, agar mampu bekerja sungguh-sungguh dalam mendata jumlah penduduk di wilayahnya. Pembukaan pelatihan SP 2010 yang digelar selama 3 hari (2-4 April) itu bertempat di Aula SMK 2 PGRI Komplek Pendidikan, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang. “Sebab ini tugas mulia maka aktualitas data nanti harus dapa t diper tanggun gjawabkan kebe narann ya,”

Karawaci Baru Buka Pengaduan Lewat Facebook
Camat Mumung ketika membuka pelatihan sensus penduduk 2010 di aula SMK PGRI 2, Babakan. (vanessa)
tegas Mumung. Sementara dalam pelatihan yang memaparkan tentang kriteria tahapan mendata SP 2010, digelar pula kegiatan tryout dimana se lu ru h pe se rta dicoba mempraktekkannya langsung di lapangan, mendata jumlah keluarga di lingkungan sekitar lokasi tempat pelatihan. (vanessa) KARAWACI –Kelurahan Karawaci Baru, Ke camatan Karawaci mengajak segenap para ketua RT/RW untuk memberikan saran, kritik dan laporan melalui Facebook karawacibaru atau email karawacibaru Achmad Suhaely @yahoo.com. Achmad Suhaely, Lurah Karawaci Baru mengutarakan cara ini untuk memudahkan para pengurus RT/RW menyampaikan aspirasi secara langsung, mengingat banyak yang sibuk di kantor masing-masing. Melalui sarana ini disamping murah, mudah dan cepat langsung diakses dengan demikian akan lebih cepat informasi wilayah didapat. “Se jauh ini sud ah ba nyak R T/RW yang ber hubung an lan gsung di du nia ma ya, memberikan kritik saran dan pendapatnya mengenai program pembangunan,” ucapnya. (wawan)

Pedagang Pecel Lele Diminta Tingkatkan Ekonomi Warga
CILEDUG – Puluhan pedagang pecel lele yang berada di Kelurahan Sudimara Jaya, Ciledug, diminta untuk meningkatkan ekonomi warga. Pasalnya keberadaan mereka bila dimanfaatkan dengan baik bisa meningkatkan ekonomi warga.  Demikian dikatakan Andy Harofis, Kasie Pemerintahan Kelurahan Sudimara Jaya, Rabu (7/4). “Artinya adanya usaha mereka agar melibatkan usaha-usaha ternak lele warga di sini yang mulai banyak,” katanya. Saat ini, katanya, para pedagang pecel lele kerap mengambil bahan bakunya dari luar. Diharapkan dengan mereka mengambil bahan baku lelenya dari sini, selain usaha ternak lele warga meningkat setidaknya mengurangi biaya tranportasi. Kelurahan Sudimara Jaya sendiri saat ini tengah mendata para pedagang tersebut yang selanjutnya akan dipertemukan para pemilik ternak lele warga. Disamping itu tentunya agar berkembang harus ada dukungan pembinaan dari dinas terkait Pemkot Tanger ang. (iwan ) 

Andy Harofis

-4

POLITIKA

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Edisi 7

Pansus Target Selesaikan Revisi Tatib Bulan Ini

BKD Kota Tangerang Segera Terbentuk
TANGERANG – Dalam waktu dekat ini, DPRD Kota Tangerang akan segera memiliki Badan Kehormatan Dewan (BKD) sebagai salah satu kelengkapan dewan. Terkait PP 16 tahun 2010 tentang perubahan tatib (tata tertib) maka saat ini panitia khusus (pansus) tengah merevisi tata tertib dewan untuk kemudian membentuk BKD.
Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang Bonnie Mufidjar saat dikonfirmasi Kota Benteng, Rabu (7/3), nantinya badan kehormatan dewan ini, diisi oleh lima orang anggota dewan terdiri dari satu orang ketua dan wakil ketua serta anggota BKD. “Target bulan ini, tata tertib sudah selesai direvisi. Baru kita bisa membentuk BKD,” jelasnya. Menurut politisi senior PKS yang pernah mencalonkan diri sebagai walikota pada pilkada Kota Tangerang ini, pembentukan badan kehormatan dewan merupakan salah satu hal yang mendesak sebab BKD inilah yang memiliki kewenangan untuk mengawasi kinerja para wakil rakyat yang duduk di DPRD DPRD Kota Tangerang. Diinformasikan jumlah wakil rakyat di DPRD Kota Tangerang untuk periode 2009-2014 bertambah menjadi 50 orang dari jumlah

Lima puluh anggota DPRD Kota Tangerang periode 2009-2014 foto bersama usai pelantikan. (indok)
sebelumnya sebanyak 45 orang dan terdiri dari 4 komisi yakni; Komisi A, Komisi B, Komisi C, dan Komisi D. Sedangkan jumlah fraksi sebanyak 8 fraksi terdiri dari : Fraksi Demokrat, F-Golkar, FPDIP, F-PAN, F-PKS, FGerindra, F-PPP, dan Fraksi Nurani Bangsa yang merupakan gabungan dari PKB dan Partai Hanura. Sementara itu jumlah anggota dewan perempuan mencapai lebih dari 3 % atau berjumlah 8 orang. (budi)

Edy Ham: Bongkar Bangli Sebelum Permanen
TANGERANG – Edy Ham, anggota komisi D DPRD Kota Tangerang, Rabu (7/ 4), mengatakan agar penegakan perda K-3 dilakukan secara rata. Tidak hanya terhadap bangunan liar – bangunan liar yanga da di bahu jalan. “Tetapi juga bangli yang berada di atas lahan negara,” katanya. Jangan sampai bangunan liar tersebut menjadi permanen. Masalahnya bila sudah permanen operasional pembongkarannya bertambah berat. Sebab itu para camat, lurah dan dinas terkait harus tegas menegakannya. (iwan)

Apresiasi dan Dinamika Warga

“Jadi Walikota Bagus, Apalagi Jadi Gubernur…!”
BENDA – Mudini, Ketua RT 02/RW 06 Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, sangat mendukung Walikota H. Wahidin Halim (WH) ikut pencalonan Gubernur Banten 2011.
Ia sangat terkesan akan upaya pembangunan nyata walikota selama ini. “Jadi walikota aja bagus, apalagi jad i gu bernu r,” kata nya ketika ditemui di kantor kelurahan, Selasa (6/4). Dukungannya ini disertai ha ra pa n pem ba ng un an yang dilakukan Pemerintah Propinsi Banten dapat lebih merata. Mudini merasa yakin WH dengan menjadi gubern ur akan dapat mewujudkan harapanya itu. “Walikota H. Wahidin Halim adalah walikota terbaik seIndonesia. Kan, pak SBY pernah bilang,” ungkapnya. (irfan)

Sudah 3 Ketua RT Baru di Kelurahan Belendung Terpilih
BENDA – Setelah disosialisasikan dimulainya masa pemilihan ketua RT di Kelu rahan Be lendung, Kecamatan Be nd a, sejak 19 maret lalu hingga ming gu ini telah terpilih 3 ketua RT baru. Panitia kecil di Rd Hasanudin masing-masing RT telah mulai mengadakan pemilihan dari caloncalon yang diajukan sesuai jadwal, melalui musyawarah warga maka terpilihlah ketua RT masing-masing. “Para Ketua RT 8, RT 9, dan RT 10, telah diajukan panitia,” ungkap Sekretaris Kelurahan Rd Hasanudin ketika ditemui di kantornya, Senin (5/4). Seperti diperkirakan terjadi penundaan jadwal pemilihan, karena panitia kecil mengalami ham bata n di masing-m asin g RT. Su dah dipersiapkan masa perpanjangan waktu, hingga target bulan April akan terselesaikan. (irfan)

Mudini

Kinerja WH Terbukti Berkualitas
TA NGER AN G – 4). “Apabila WH (H. WaDinilai berkomithidin Halim) sudah men membangun unterbukti berkualitas tu k ke se ja hter aa n memimpin Kota Tamasyarakat Kota Tangerang menjadi lengerang dimana WH bih baik, maka WH mamp u merealisapatut kita dukung sikan pembangunan pula   sebagai  bakal dan penyelenggaraan calon Banten I (Gupendidikan yang lebih Azano bernur Banten) meberkualitas. “Kalau ng in gat kin erjan ya me ma ng memang WH terpilih menjadi B1 sud ah ter bu kti be rkua lita s,” nanti, maka sekolah-sekolah yang ungkap Azano Ranggito, warga hampir roboh di Banten pasti akan RT 02/02, Kelurahan Babakan, dibangun WH lebih baik,” tamKecamatan Tangerang, Sabtu (3/ bahnya. (vanessa)

KNPI Cibodas Siap Perluas Jaringan Dukung WH
CIBODAS – Ahyar pemuda Kecamatan Haerudin Ketua Cibodas siap Komite Nasional mendukung WH Pemuda Indonesia menjadi Banten 1,” (KNPI) Kecamatan ujar Ahyar. KNPI Cibodas mengakui Kecamatan Cibodas siap berdiri di program kerja yang dilakukan Pemkot barisan terdepan. Tangerang dibawah “Dan siap memperluas kepemimpinan WH Ahyar Haerudin jaringan sampai ke sudah baik, dilihat dari infrastruktur, kesehatan dan wilayah Kota dan Kabupaten di pendidikan. luar Tangerang,” tambahnya. “Atas dasar itu kami segenap (wawan)

Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya
TANGERANG - Ustadzah Hj. Maemunah, Penasehat Majelis Mujahadah Asmaul Husna, rutin mengingatkan kepa da seluru h jamaahnya agar menjaga kebersihan. Se pe rti ha ln ya da lam se tia p keUst. Hj. Maemunah giata n p eng ajian bulanan di Mesjid Raya Al Azhom yang dihadiri sekitar 2.000 jamaah kaum ibu perwakilan majelis taklim (MT) se-Kota Tangerang, ia berpesan agar tidak lupa membuang sampah bekas pembungkus kue ke tempat sampah yang disediakan. “Himbauan sederhana ini sebagai upaya mendisiplinkan seluruh jamaah untuk membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat menuju Kota Sehat 2010,” ujarnya. (vanessa)

H. Saiful Bahri: Kalo Bisa Jangan 1.000 tapi 2.000 Posyandu
CIPONDOH – Program pembangunan 1.000 Posyandu oleh Walikota Wahidin Halim memb uat terkesan Ketua MUI Cipondoh H. Saiful Bahri. Ia menilai akan semakin banyak anak Balita yang sehat. Ketika ditemui di rumahnya, Kamis (2/ 4), H. Saiful mengatakan jarang pemimpin daerah yang memiliki visi ke depan seperti ini di Indonesia. “Kalo gitu WH layak masuk MURI,” katanya Dengan demikian pemberian imunisasi bagi Balita dapat menjangkau daerahdaerah jauh dari layanan kesehatan. “Kalo bisa jangan 1.000 ta pi 2. 000.. .,” katanya, menyikapi banyak kegunaan gedung Posyandu di masyarakat. (irfan)

Edisi 7

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

MENUJU ADIPURA

5Kelurahan Pantau Kebersihan Jl. KH. Hasyim Ashari
CIPONDOH –Jalan KH. Hasyim Ashari, Ke lu r a h a n Por is Plawad Utara, Kec a m a ta n Cip on doh, menjadi salah satu titik pantauan khusus pihak kelurahan agar kebersihan dan kete r tib a n n ya te r pelihara. Iwan Mulyawan S.sos “Sejumlah mobil pengangkut tanah yang melintas kadang tidak tertib, sehingga tanah yang dibawanya b er ja tuh a n da n m en g otori ja la n yan g dilintasi. Kemarin sudah ada yang saya hentikan dan tegur agar memasang terpal penu tup tan ah,” ka ta Iwan Mul-ya wan, Lurah Poris Plawad Utara di kantornya, Selasa (30/3). Dia juga berkoordinasi dengan sejumlah warga dan staf kelu rahan untuk secara ber gilir iku t me manta u ke bersihan dan keindahan jalan tersebut. “Kami berusaha m e nin g katka n p e n ja g a a n ke be r siha n , keter tib a n, d a n keind a ha n loka si in i,” tegasnya. (irfan)

Lingkungan Kian Baik Berkat Gerobak Sampah Swadaya  
BENDA – Selaku Ketua RW 03 Kelurahan Benda, Kecamatan Benda, Dani S merasa senang dengan dimilikinya satu buah gerobak sampah dan tujuh tong sampah hasil swadaya warga.
“Lingkungan kami kini jadi le bih baik da ripa da sebelumnya,” katanya ketika ditemu di kantor kelurahan, Selasa (6/4). Dengan adanya in i, jug a me mbu ka lapangan kerja bagi dua wa rga se bag ai pe tug as kebersihan lingkungan RW 03. Kini katanya setiap RT memiliki tong sampah masing-masing. Sementara Lurah Benda H. Masan Rahman menjelaskan di wilayahnya terdapat 9 gerobak sampah di masing-masing RW, dan 63 tong sampah bagi masingmasing RT yang telah beroperasi hasil swadaya. Untuk mendukung kelancaran pembuangan sampah, warga se-kelurahan secara swadaya juga telah me mb uat Te mp at Pe mbuangan Sementara (TPS) terdekat. “Jadi satu paket untuk pengelolaan pembuangan sampah se-kelurahan, dan secara bergilir setiap minggu masing-masing RW kami awasi penggunaanya,” katanya. (irfan)

Ketua RW 03 Dani S menunjukkan gerobak sampahnya. (irfan)

Jalan Palem Manis Jaya Siap Ditata Rapih
JATIUWUNG – Setelah dilakukan pembersihan kepada bangunan liar di wilayah jalan Palem Manis Raya kelurahan Gandasari dan di lanjutkan dengan kerja bakti gabungan dari tiap kelurahan, pengusa ha se kitar, Bata lion I nf an tr i 203/AK, da n Koramil Jatiuwung, beberapa waktu lalu kini sudah mulai nampak ada perubahan yang tadinya bangunan liar sekarang sudah mulai diberikan tanaman. Agus Henra, Sekretaris Kecamatan Jatiuwung, Kamis (1/4), menjelaskan ke depan wilayah tersebut bisa menjadi kawasan industri yang nyaman indah dan terawat. “Kita tela h sepa kat de ngan para pengusaha sekitar untuk menanam pohon dan merapihkan tempat te rseb ut,” u ca pn ya . (wawan) 

Hj. Cholilah Buat Lagu “Kota Bersih”
CIPONDOH – Karena akrab dengan ke gia tan m enyerukan kebersihan d i se tia p a ktif ita sn ya, H j. Ch olilah, Kepala UPTD Pendidikan Dasar Cipond oh , Ke ca matan Cipondoh, menuangkan kreatifitasnya d alam ben tuk lirik lagu “ Kota Bersih” di saat mengisi waktu senggangnya. “Mulanya cuma senandung saja di kala istir ahat, eh…m alah jadi lagu,” ka tanya ketika ditemui di kantornya, Selasa (30/3). Ia pun sempat melantunkan bait demi bait dalam lagu tersebut,”D engarlah-dengarlah war ga sem ua…,b uanglah sam pah p ada te mp a tn ya , … b in a la h keb e r sih a n d a n ketertiban… demi keindahan kota… ” Ketrampilannya ini berkembang dari hobi menyanyi yang dimiliki sejak lama. Diakui Hj. Cholilah lumayan banyak lagu yang sudah dituangkan melalui tulisannya. “Saya sering lupa menuliskannya di mana…, ini hobi yang membantu semangat kerja saya,” katanya. (irfan)

Kerjabakti di jl. Palem Manis Jaya. (wawan)

Puluhan Warga RW 08 Gaga Kerjabakti Bersihkan Lingkungan
LARANGAN – Puluhan warga RW 08, Kelurahan Gaga, Larangan, menggelar kerjabakti membersihkan saluran air dan pekarangan rumah yang kotor, Minggu (4/4). Ke rjabakti yang dipimpin H. Manan, Ketua RW 08, itu diikuti dengan semangat para warga. Mereka membersihkan saluran air yang ada di Jl. Bakti 1 sampai dengan bakti VI serta membersihan rumput-rumput liar. H. Manan, mengungkapkan kegiatan kebersihan ini dilakukan di seluruh RT dan akan diagendakan rutin setiap bulan. “Semoga dengan selalu menjaga kebersihan maka penyakit akan jauh dan lingkungan tambah indah,” ujarnya. (iwan)

Warga RW 08 Gaga sibuk bekerjabakti membersihkan saluran air. (iwan)

Warga RW 06 Pondok Pucung Juga Kerjabakti Kebersihan
KARANG TENGAH – Tidak mau ketinggalan dengan yang lainnya dalam menjaga kebersihan, warga Perumahan Bangun Reksa Indah II, RW 06, Pondok Pucung, Karang Tengah, juga menggelar kerjabakti membersihkan lingkungannya, Minggu (3/4). Puluhan warga di sana melakukan gerakan pembersihan saluran air di masing-masing RT yang ada di 8 wilayah. Selain itu membersihkan rerumputan liar dan penebangan pohon yang mengganggu. Hj. Siti Aisyah Daulay, Ketua RW 06, mengatakan kegiatan kerjabakti membersihkan saluran air dan lingkungan rutin digelar sebulan sekali. Sedangkan fogging dilakukan setiap 3 bulan sekali. Sementera Adi Irianto, Ketua RT 05/06, menambahkan kegiatan kebersihan ini   d alam  rangka  mendukung Kota Sehat yang dicanangkan Walikota H. Wahidin Halim. “Sebab itu kegiatannya terus ditingkatkan,” ujarnya. (iwan)

Awal Mei Kelurahan Cipondoh Gelar Kerjabakti Massal
CIPON DO H – Se te la h Ma sad ketika ditemu i, mendapatkan pembinaan S e la sa (30 /3). M e n u dari Puskesmas Cipondoh rutnya kerjabakti memsehingga terbentuk Satbersihkan lingkungan tergas DBD dan Satgas Flu se but sen gaja direnc aBu ru ng , Ke lu ra ha n Cin a kan ja u h- ja u h ha r i, pondoh Kec ama ta n Cikarena akan melibatkan pondoh segera menyusun seluruh unsur warga Kep r og r a m ke r ja se la m a lurahan Cipondoh. setahun dan dilaporkan “ D a r i m u l a i R T /R W setiap bulannya. hingga kaum muda, seMasad “Program awal bulan lur uhnya akan digu gah Mei ini adalah kerjabakti massal sekesa da ra n nya u ntu k ker jab akti,” ke lur aha n,” ka ta Lur ah Cip ond oh katanya. (irfan)

Warga RW 06 Pondok Pucung tengah bebersih di wilayahnya. (iwan)

Lurah Sukasari Bagikan 8 Gerobak Sampah
TANGERANG – Sebanyak 4 RW, 3 sekolah, dan Linmas di wilayah Kelurahan Sukasari, Kecamatan Tangerang, memperoleh bantuan 8 unit gerobak sampah dari Pr ogra m N asional Pe mberdayaan Masyarakat (PNPM ) Ma ndiri Perkotaa n, Kamis (1/4), di halaman kantor kelurahan itu. Serah terima bantuan dilakukan secara simbolis oleh Lurah Sukasari Wawan Fauzi kepada salah satu pengurus RW untuk kemudian langsung didistribusikan kepada masingmasing peneriman bantuan yakni; RW 04, RW 08, RW 12, RW 13, SDN Sukasari 7,

FKS Kecamatan Tangerang Giatkan Swadaya Penghijauan
TANGERANG - Forum di 8 kelurahan juga Kota Sehat Kecamatan sudah terbentuk maka Tangerang (FKSKT) program kerja tersebut beranggotakan sebanyak di atas siap disosialisasi17 personil yang sebakan. Kemudian direagian besar adalah lisasikan kegiatannya di pengusaha setempat masing-masing kelurahan memiliki program utama secara terkoordinasi.  “FKSKT nantinya akan menggiatkan swadaya penghijauan di lingkumenggiatkan sponsor ngan kecamatan. pengusaha untuk Hendro Suwito Menurut Kasi Pemberswadaya penghijauan berdayaan Masyarakat Kecamatan yang ditempatkan di setiap jalan Tangerang yang juga merangkap protokol. Sedangkan pemesebagai Sekretaris II FKSKT, Hendro liharaanya berkoordinasi dengan Suwito, Senin (5/4), apabila Pokja Sehat Kelurahan,” kata Kelompok Kerja (Pokja) Kota Sehat Hendro. (vanessa)

Lurah Wawan Fauzi ketika menyerahkan gerobak sampah kepada pengurus RW. (vanessa)
SDN Tangerang 7, dan SMK Pertanian. Saat serah terima bantuan yang disaksikan oleh fasilitator kelurahan (faskel) PNPM ini, Lurah Wawan ber hara p ag ar b antu an tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Sehingga mampu meningkatkan kebersihan di lingkungannya. (vanessa)

-6

HUMANIORA

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Edisi 7

Foto Pekan Ini

FANS KAUM IBU: Kharisma Walikota H. Wahidin Halim telah melekat di hati warga Kota Tangerang dari semua kalangan, tidak terkecuali kaum ibu. Tampak walikota saat kunjungan sekaligus sidak pembangunan di Kecamatan Larangan, belum lama ini, di daulat kaum ibu yang ngefans untuk foto bersama. (boy hadi)

RAMAH TAMAH : Walikota H. Wahidin Halim tengah asyik berramah tamah dengan para siswa SMK Penerbangan saat meninjau sekolah itu belum lama ini. Memang dalam seteiap kunjungannya ke sekolah-sekolah walikota selalu disambut antusias para siswa maupun para guru. (boy hadi)

MT Darul Rohman Peringati Maulid Dengan Bakti Sosial
PINANG – Majelis Taklim (MT) Darul Rohman di RT 05/08, Kunciran Indah, Pinang, memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW dengan cara berbeda. Mereka menggelar bakti sosial berupa; santunan, kerjabakti membersihkan lingkungan, dan fogging pada Sabtu (3/4).
Kegiatan dimulai dengan santunan 28 anak yatim di Mushola Darul Rohman Jl. H. Mair RT 05/08, Kunciran Indah. Kemudian kegiatan membersihkan saluran air di Jl. S. A. Tirtayasa dan fogging . Peringatan maulid dengan bentuk bakti sosial oleh MT Darul Rohman itu diikuti tida k hanya oleh an ggota maje lis ta klim, tetapi juga warga sekitar. Dalam kesempatan itu turut pula dihadiri Abdul Syukur, anggota DPRD Propinsi Banten, Camat Pinang H. Sachrudin, Lurah Kunciran Indah M. Marwan, dan H. Supriatman, tokoh masyarakat setempat. Sementara Ustadz Ahmad Aliyudin mengatakan peringatan maulid dengan ba kti sosial m er up akan bentuk nyata dari implementasi akhlak mulia dan ini sesuai dengan apa yang diajarkan Nabi Muhamad SAW. Sedangkan H. Sachrudin, mengungkapkan saat ini banyak kegiatan maulid yang digelar tidak hanya di  masjid  tetapi  juga  di  mu-

Wartoyo (kanan) dan pengurus DKM Mushola Al-Furqon. (irfan)

Mushola Al-Furqon Kini Megah Berlantai 2
Ratusan anggota MT Darul Rohman dan warga siap bebersih lingkungannya.(iwan)
shola. “Ini tidak lain meru pakan salah satu kebangkitan Islam,” katanya. Diinform asikan di MT Darul Rohman ada MT kaum ibu dan MT kaum bapak. H.Supriataman selaku pen aseh atnya. Ketua M T Darul Rohman kaum bapa kn ya dike tu ai Usta dz Yaumil Firdaus dan Ustadz Ubadillah. Sementara Ketua MT Darul Rohman kaum ibunya adalah Hj. Nuroniah Supriatman. (iwan) KA RA NG T EN GA H - Dimu la i d en ga n sumbangan dana Rp 500.000 untuk pondasi bangunan pada tahun 1978, setahap demi setahap Mushola Al-Furqon di lingkungan RT 02/RW 02 Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, kini berdiri megah berlantai dua. Demikian ungkap bendahara DKM AlFurqon, Wartoyo, ketika ditemui, Jumat (2/ 4). Dijelaskannya kegiatan DKM Al-Furqon kini telah banyak berkembang, misalnya pengajian rutin anak-anak setelah Shalat Magrib, Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) pada pagi hari dan pengajian majelis lainnya. “Kini kami telah mampu menyekolahkan anak yatim hingga SMP,” katanya. Se laku ben dah ara seja k p ertam aka li dib angun mushola hing ga sekarang, ia mengisahkan perjalanan membangun kegiatan di mushola ini. “Saya dulu door to door mengajak ngaji anak muda di lingkungan ini,” ungkapnya. Keperdulian masyarakat pun semakin tinggi atas perkembangan Mushola Al-Furqon, walaupun terletak dalam lingkungan sempit perkotaan. “Kami tidak pernah memintan bantuan ke pemerintah, semua murni swadaya ma syar akat, sa ya m asih pun ya c atatan lengkapnya,” jelasnya. (irfan)

2 Majelis Taklim Bersama Peringati Maulid Nabi
KARANG TENGAH – Jemaah dari dua majelis taklim yaitu Majelis Taklim Al-Furqon dan Majelis Taklim Al-Maarif bersama menggelar Maulid Nabi Muhammad SAW Kamis , (1/4) malam, di Mushola AlMaarif RT 02/RW 02 Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah. Walaupun acara digelar pada malam hari namun banyak diminati oleh kaum muda. “Besok kan libur, jadi bisa mendengarkan ceramah ustad hingga malam,” kata salah seorang remaja yang hadir . Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua RW 02 yang turut memberikan pesan mengenai kota sehat, kemudian diikuti sambutan-sambutan dari para ketua majelis taklim. Kemudian setelah itu H. Saiful Bahri memberikan tausiyah meng enai ke berhasilan dakwan Nabi Muhammad SAW karena akhlaq baik-

nya. Walaupun diakui panitia ac ara dia dakan seca ra

mendadak, tetapi kegiatan berjalan dengan lancar. “Alhamdulilah, dapat ter-

la ksana d eng an ba ik,” ungkap Wartoyo selaku panitia. (irfan)

S.Si, MT Staf Redaksi: Asep Tahyudin, Nurul Ardiyanti, Daryono, Aidi Jauhari Munawar, Surani,

SUSUNAN REDAKSI Pembina/Penasehat: H. Wahidin Halim, H. Arief R. W ismansyah Pengarah: HM Ha r r y M ulya Zein Penanggu ng Jawab: H Sai ful Roh m an Pem im pin R edaksi: M . A gun Djumhendi,S.Sos Wakil Pemimpin Redaksi: A. Kholil Kurniawan Sekretaris Redaksi: Ayi Koryati,

S.Sos Fotografer: Hadi Ismanto Alamat Redaksi: Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Tangerang, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Jl. Satria Sudirman No. 1 Telp. 55764955 eks. 505.

Edisi 7

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

IPTEK & PENDIDIKAN

7-

Tarwiatin Termotivasi Lanjutkan Pendidikan
TANGERANG - Bagi Tar wiatin (44 t h ), lim a ta hu n mengajar sebagai tenaga relawan di SD Tunas Harapan, Kelurahan Sukasari, K e c a m a t a n Tangerang, adalah sebuah berkah. Di sekolah yang diselenggarakan secara gratis mengingat hampir seluruh muridnya berasal dari keluarga tidak mampu ini, ia bisa mengabdikan diri. Baginya memperoleh insentif guru dari Pemkot Tangerang dibawah kepemimpinan H Wahidin Halim adalah sebuah penghargaan yang tak ternilai, mengingat sebagai sebagai ibu rumah tangga yang lulusan Pendidikan Guru Ag ama Ne ger i (PGAN), ia han ya ing in mengamalkan ilmunya kepada warga yang membutuhkan. Insentif yang diberikan Pemkot itu menjadi motivasinya untuk maju. Kini Tarwiatin yang merupakan warga di RT03/05 Sukasari tengah melajutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. “Saya hanya ingin mencerdaskan anakanak tidak mampu di lingkungan ini,” tegasnya. (vanessa)

SDN Peninggilan 5 Kembangkan Seni Gamelan
CILEDUG – Murid di SDN Peninggilan 5, Peninggilan Utara, Ciledug, kerap mendapat pelatihan gamelan di sekolahnya yang jadwalnya satu hari dalam sepekan. Kegiatan itu merupakan pelajaran kesenian dan bagian ekstra kurikuler.
Misalnya pada Senin (5/ 4) siang para murid di sana begitu bersemangat memainkan alat musik tradisional asal Jawa Tengah itu sambil didampingi kepala sekolahnya, Hj. Imas Dwi Lidia, dan M anif, gu ru keseniannya. Adanya pelatihan gamelan di sekolah te rse but te nya ta cukup diminati. Tidak heran bila setiap jam pelajaran kesenian banyak murid lain dan guru menyempatkan menonton. Hj. Imas mengungkapkan di sekolahnya selain bidang akademik juga dikembangkan bidang kesenian. Terutama kesenian yang berkaitan dengan ke senian daerah, baik alat musiknya maupun lagu-lagunya. “Kegiatan ini diharapkan ke depan anak-anak lebih mengenal budayanya lewat kesenian daerah yang kita ajarkan sekarang ini,” katanya. Hanafi menambahkan selain seni gamelan yang diajarkan di sekolah juga seni tari, vokal, alat musik

Murid SDN Peninggilan 5 tengah berlatih alat musik gamelan. (iwan)
recorder, pianika dan orga n. Beb era pa pre sta si kesenian yang diraih murid antara lain ; juara satu lom ba p op sin g e r d a n m e m ain ka n a la t mu sik p ad a ta hu n 2004, da n juara satu lomba yel-yel tari kreasi.(iwan)

SDN 14 Siapkan Penari di Pentas Tari Daerah
TANGERANG - Sedikitnya 12 murid binaan ekskul tari SDN Tangerang 14 tampak b er se ma ng at m em ba wakan dengan kompak sebuah sendra tari Melayu, dalam kegiatan latihan ekstrakurikuler tari yang digelar di halaman sekolah, Sabtu (3/4). Latihan menari ini spontan mengundang murid-murid yang lainnya iku t se rta mengikuti gerakan gemulai mereka, sehingga akhirnya suasana gembira turut mewarnai kegiatan latihan tersebut. Menurut Hj. Endang Dwi Warni, Kepala Sekolah SDN Tangerang 14, latihan ini intens digelar dalam rangka mempersiapkan 12 murid binaan untuk tampil maksimal dalam acara gebyar tari daerah di Taman Mini In done sia Inda h ya ng digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta pada 27 April. “Dalam hal ini kami mendukung bakat seni seluruh anak didik guna mem otiva si p erkem bangan bakatnya, semoga upa ya ini ma mpu mengembangkan murid-murid yang berprestasi di bidang seni,” tuturnya. (vanessa)

Kegiatan belajar di PAUD Wijaya Kusuma. (wawan)

PAUD RW 013 Cibodasari Semakin Berkembang
CIBODAS – PAUD Wijaya Kusuma di RW 013 Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas kini semakin berkembang dengan 48 murid dan 5 orang tutor . Siti Rosdaniah, Kepala PAUD Wijaya Kusuma, Kamis (1/4), mengutarakan PAUD ini baru berjalan tahun ke 2, sebelumnya disini hanya memberikan pendidikan untuk warga sekitar namun untuk tahun ke 2 ini banyak yang memasukan anaknya dari luar lingkungan RW 013, meskipun demikian tetap diterima dengan baik. Diinformasikan kegiatan yang pernah diikuti adalah manasik haji di Masjid Al Azom Kota Tangerang, Desember lalu. “Mungkin jika ada acara lainnya akan kita ikuti karena dengan adanya kegiatan seperti tersebut dapat menambah motivasi anak,” ucapnya. (wawan)

Murid SDN 14 ketika latihan tari daerah. (vanessa)

Festival PAUD se-Kecamatan Batuceper Digelar Akhir April
BATUCEPER – Sedikitnya 13 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kecamatan Batuceper akan mengikuti fes, tival yang memperlihatkan ketrampilan siswa mereka pada akhir bulan April. Demikian ungkap Ketua PAUD Lestari Kebon Besar Bu Mamah ketika ditemui di aula kantor Kelurahan Kebon Besar Kecamatan Batuceper, Kamis (1/4). Ia menjelaskan kegiatan tersebut adalah kali kedua PAUD se-Kecamatan Batuceper mengadakan acara yang sama, “tahun kemarin dinamakan Gebyar PAUD Batuceper, sekarang lebih cenderung ke festival, biar rutin setahun sekali kami adakan acara seperti ini,” ungkapnya. Kegiatan yang direncanakan digelar di aula dan halaman Kecamatan Batuceper itu hingga saat ini belum memiliki sponsor. “Se kita r 378 an ak a kan berada di sana, memperkenalkan ketrampilan mereka dalam acara senam kreasi, mewarnai dan fashion show adat,” katanya. Bu Mamah, sebagai aktivis kegiatan PAUD yang memiliki pengalaman sekitar 18 tahun, menginginkan jika kegiatan ini lebih cen-

Bu Mamah (2 dari kiri) bersama koordinator PAUD Lestari ketika mengadakan koordinasi acara Festival PAUD di Aula Kelurahan Kebon Besar.(irfan)
derung acara berbagi pengalaman bukan perlombaan. “Semua anak nantinya diu saha kan dap at hadiah, biar ngga ada yang ngiri,” katanya. (irfan)

Anggota MT Al Maghfiroh saat menggelar pengajian. (iwan)

MT Al Maghfiroh Gelar Pengajian Rutin Bulanan
PINANG – Majelis Taklim (MT) Al Maghfiroh yang berada di Kunciran Indah, Pinang, rutin menggelar pengajian rutin setiap bulan dari setiap MT ke MT yang diikuti tujuh majelis taklim yang tergabung dalam MT Al Maghfiroh.     Hj. Nuroniah Supriatman, Ketua MT Al Maghfiroh, mengungkapkan di sela acara kegiatannya, Ahad (4/4), bahwa pengajian dilakukan secara bergilir dari majlis taklim ke majlis taklim atau mushola ke mushola. Kebetulan bula n ini yan g menjadi tuan rumahnya MT Darul Rohman di RT 05/08. “Tujua n pe ng ajia n se nd ir i un tu k meningkatkan keimanan dan ketakwaan anggota kepada Allah SWT serta memperat tali silaturahim,” ucapnya. Sementara dalam setiap acara pengajian diisi dengan membaca Al Quran, shalawat barjanji dan diakhiri siraman rohani. (iwan)

Murid PAUD Dwi Annida Dilatih Sikat Gigi yang Benar
BATUCEPER – Sebanyak 27 murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dwi Annida RT 02/ RW 05 Kelurahan Poris Gaga, Kecamatan Batuceper diberikan pelatihan cara menyikat gigi yang benar di halaman depan gedung Posyandu Kemuning 5, Kamis (1/4). “Ayo anak-anak perhatikan cara menyikatnya,” kata salah seorang koordinator PAUD tersebut, Fitriah S.Pdi. Ia menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan setelah dirinya mendapatkan pelatihan cara menyikat gigi yang benar bagi anak dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang beberapa bulan yang lalu. Kebiasaan menyikat gigi yang benar perlu ditanamkan sejak dini bagi anak Balita, agar terbiasa menjaga kesehatan gigi ketika ia besar nanti. “Masih aja ada anak yang sikat giginya cuma digigitgigit aja,” katanya. (irfan)

Murid PAUD Dwi Annida tengah diajarkan cara menyikat gigi yang benar.(irfan)

-8

WANITA & KELUARGA

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Edisi 7

Sholat Tasbih Berjamaah, Sarana Memupuk Iman dan Takwa
TANGERANG Pengajian Majelis Taklim Al Barokah yang dipimpin oleh Hj. Niniek WH, menggelar Sholat Tasbih berjamaah dengan sekitar 100 jamaah majelis taklim dari 13 kecamatan, Kamis (1/4), di Aula Lantai 2 Gedung Nyi Mas Melati.
Sholat Tasbih berjamaah yang dipimpin oleh Ustdzah Hj. Ani Roha ni ini, berlangsung khusyu. Tampak Hj. Niniek berada di shaf terdepan berdampingan dengan anggota pengurus PKK lainnya. Selesai sholat

Dari Dapur PKK
Bola Bola Ikan Kakap Padat Bergizi
Oleh: Hj Munati Nape
BOLA-bola Ikan Kakap bisa dibilang menu sehat sekelas menu hotel berbintang lima, padat gizi baik untuk dikon-sumsi balita. Kreasi menu berbahan dasar Ikan Kakap ini, telah meraih prestasi Juara II dalam Lomba Cipta Menu Ikan Tingkat Propinsi Ban- ten. Bahan-bahan yang dibutuhkan ; 200 gram daging Ikan Kakap yang sudah digiling, 2 lembar roti tawar, 5 gram keju parmesan, 2 sdm (sendok makan) susu bubuk full cream, 1 butir telor, 25 gram daun ketumbar, 2 sdm blue band, dan tepung panir secukupnya. Cara mengolahnya adalah ; campurkan seluruh bahan tersebut di atas yang sebelumnya bahan-bahan tersebut diblender terlebih dahulu, kemudian setelah adonan tercampur halus adonan dicetak

Hj. Niniek WH bersama 100 jamaah MT 13 kecamatan melaksanakan sholat tasbih. (vanessa)
kemudian seluruh jamaah me nde ng arkan siram an rohani yang disampaikan oleh Ustadzah Ani, selaku guru tetap MT Al Barokah yang memaparkan terkait pembinaan akhlak perilaku kaum ibu. Menurutnya sesuai dengan sabda Rasulllah SAW bahwa Sholat Tasbih apabila dilakukan dengan khusyu dan ikhlas bisa menghapuska n 10 macam dosa terkecuali dosa besar. Semen tara Hj. N iniek yang ditemui usai acara men jelaskan b ahwa kegiatan ini, adalah realisasi dari pembinaan Pokja I PKK kota sebagai sarana memupuk iman dan takwa untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. “In sya Allah kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua baik di dunia, maupun sebagai bekal amal ibadah kita di akhirat nanti. Amin...,” ucapnya. (vanessa)

bulat-bulat dengan menggunakan tangan yang bersih dan dilapisi plastik. Setelah tercetak bulat-bulat kemudian masingmasing adonan tersebut digoreng hingga kecokelatan dan siap disantap beserta saus sambal botolan. Selamat mencoba..! (vane ssa)

Ny. Titin Mulyadi: Jaga Kebersihan Setiap Hari
LARANGAN – Menjaga kebersihan jangan hanya kalau ada saat penilaian kebersihan. Tetapi menjaga kebersihan mesti dilakukan setiap saat. Demikian dikatakan Ny. Titin Mulyadi, Ketua TP PKK Kecamatan Laran gan, saa t melaku kan penilaian posyandu di Posyandu Strobery RW 10, Kelurahan Larangan Indah, Senin (5/4). “Hidup bersih itu merupakan kebutuhan kita. Jadi melakukannya perlu dengan kesadaran jangan disuruh-suruh,” ujarnya. Dirinya juga mengharapkan agar para kader posyandu mendukung Kota Sehat yang telah dicanangkan Walikota H. Wahidin Halim.   Ter ka it p en ilaian p osya nd u Titin mengharapkan agar Posyandu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sementara program yang belum ada agar diadakan. “Di sini sudah ada BKB, BKR, dan BKL maka yang belumnya agar diadakan,” himbaunya. (iwan)

DWP Kota Tangerang Berencana Gelar MUSDA
TANGERANG - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang yang diketuai Hj. Corry HMZ berencana menggelar Musyawa ra h Da er ah (Mu sd a) DWP tingkat Kota Tangerang 26 April 2010. Musyawarah ini dalam rangka menindaklanjuti hasil Musda tingkat Prop insi Banten ya ng diiku ti per wa kilan pengurus DWP Kota Tangerang pada 3-4 Februari lalu. Me nu ru t Ke tu a DWP Kota Tangerang Hj. Corry HMZ, Kamis (1/4), Musda te rsebu t n an tin ya akan dihadiri sekitar 215 perwa kila n pe ng ur us D WP seluruh dinas dan SKPD yang terdiri dari; ketua pengurus, sekretaris, dan ketua bidang. Pa da kesemp ata n itu ju g a a ka n d ig e la r p e milihan calon Ketua DWP Kota Tangerang yang baru untuk masa bakti kepengurusan 2010-2015. Sekaligus laporan pertanggungjawaban Ketua lama m asa b a kti 2004-2009. Ter masu k pa para n pr ogram lanjutan pengurus baru. “Seperti pembinaan kepa da selu ruh pen gur us DWP Dinas dan SKPD, mengadakan pelatihan MC dan kepribadian, kegiatan sosial

Hj. Corry HMZ
donor darah dalam rangka HUT DWP, serta mengadakan bazar murah sembako yang digelar setiap Ramadhan,” papar Hj. Corry. (vanessa)

PKK Uwung Jaya Giatkan Pembinaan Kader
CIBODAS – TP PKK Kelurahan Uwung Jaya terus giatkan pembinaan kepada para kader di 17 RW yang ada di wilayah ini, mulai dari pembinaan posyandu, posbindu sampai dengan pengisian buku administrasi. Ny Diana Rosiyana, Ketua TP PKK Kelurahan Uwung Jaya menjelaskan, Senin (5/4), semua itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepada para kader. Sementara untuk meningkatkan tali silaturahmi diadakan pengajian rutin bulanan dan arisan. “Hal ini bertujuan lebih mengakrabkan diri agar para kader lebih santai dan enjoy dalam menerima informasi dalam pembinaan,” ucapnya. (wawan)

BKMT Cikokol Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW
TANGERANG - Pertemuan rutin bulanan BKMT Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, kali ini bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri sekitar 150 jamaah kaum ibu anggotanya, di Aula kelurahan, Kamis (1/4). Siram an roh ani ya ng disampaikan langsung oleh Ketua BKMT Cikokol Ustadzah Hj. Nurjamillah ini, memberikan contoh sikap ta ulada n Rasullah S AW semasa hidup yang berjuang menyebarkan Islam. Menurut Penasehat BKMT Cikokol Hj. Terry Naman

Bakri, kegiatan Maulidan mer upakan saran a sila-

turahmi antar pengurus majelis taklim se-kelurahan.

Sekaligus menyatukan persepsi dan visi misi. (vanessa)

BKMT Tangerang Wisata Rohani Kunjungi Makam Wali
TANGERANG - Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kecamatan Tangerang mengajak sedikitnya 112 jamaah majelis taklim sekecamatan dalam perjalanan rohani mengunjungi Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Makam Sapuro di Pekalongan, dan tempat Wisata Air Panas Guci di Solo. Me nu ru t Pe na se ha t BKMT Kecamatan Tangerang, yang juga Ketua TP PKK Kecamatan Tangerang Hj. Tien Nurwana, kegiatan wisata roha ni yang menempuh perjalanan dengan dua armada bis wisata ini, memakan waktu dua hari, 27-28 Maret. Selain untuk mempererat tali silaturahmi, katanya, tur inipun bermanfaat untuk menambah pengetahuan kaum ibu terkait sejarah penyebaran Agama Islam di Ind onesia. “Alhamdulillah perjalanan ditempuh dengan selamat sampai kembali ke rumah,” tu tu rn ya se n an g . (v a nessa)

Setelah Raih Juara, Qosidah Al Mumtaz Digemari Warga
PERIUK - Setelah meraih Juara III Lomba Qosidah Tingkat Kota Tangerang 2010, kini G rup Qosidah Al M umta z ya ng beranggotakan 12 kaum ibu pengajian di RW 10 Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk, semakin giat berlatih untuk lebih meningkatkan kekompakkan dan kualitas vocal solisnya. Tak hanya giat berlatih saja, sebab kini penampilannya banyak dibutuhkan warga setempat untuk tampil dalam berbagi kegiatan pengajian, syukuran, peringatan keagamaan misalnya; maulid nabi, akikah, pernikahan, walimahtusyafar, gunting rambut, dll. Menurut Ketua Grup Qosidah Al Mumtaz Hj. Siti Nurlina bahwa terbentuknya grup berawal dari digelarnya serangkaian kegiatan latihan rutin dimana kaum ibu anggotanya berswadaya mendatangkan p elatih u n tu k me latih m er e ka b er qosidah. Kini dari setiap uang kas yang berhasil dikumpulkan selama setahun dari honor setiap kali tampil selain disisipkan untuk berzakat, mereka pun bisa membagikan THR kepada seluruh anggotanya di setiap menjelang lebaran. “Alhamdulillah kini ada tambahan kas untuk kami beserta keluarga berlebaran,” tuturnya. (vanessa)

Edisi 7

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

HIGIENIS & SEHAT

9Gencarkan PHBS Puskesmas Batuceper Bebas DBD
B AT UC EPER – Selama tahun 2010 P u s k e s m a s Batuc ep er di K e c a m a t a n Ba tu ce pe r ha nya mencatat 1 suspect Dem am Berda rah Dengeu (DBD) yang pe rna h te rja di di Endriadi wila ya hn ya . In i prestasi yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya. Demikian ungkap pemegang program Promkes DBD, Endriadi, ketika ditemui di kantornya, Jumat (2/4). Hal ini membuktikan keberhasilan warga 3 kelurahan ; Batuceper, Batu Jaya dan Batusari dalam menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Seh at (PHBS ) di keh idup an sehar i-ha ri, terutama dalam memberantas sarang nyamuk di lingkungannya. “Satu suspect DBD pada Maret lalu kini telah sembuh,” ungkapnya. Gencarnya Promosi Kesehatan (Promkes) PHBS yang dilakukan Puskesmas Batuceper, dinilai cukup baik dan aktif oleh Ka. Puskemas Batuceper, drg. Hj. Sri Wahyu. “Sejak tahun 2009 kami sudah gencarkan PHBS melalui program Kelurahan Siaga di setiap kelurahan binaan kami,” katanya. (irfan)

Klinik Methadone Harus Nyaman, Biar Pecandu Narkoba Cepat Sembuh
CIPONDOH – Agar pasien penderita ketergantungan narkoba bisa cepat sembuh, Walikota H. Wahidin Halim memerintahkan jajaran dinas kesehatan untuk menata klinik methadone yang ada di Puskesmas Cipondoh dan Puskesmas Cibodas menjadi bersuasana nyaman.   
“Dengan kondisi ini pasien akan termotivasi untuk cepat sembuh,” kata walikota kepada Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Lilly Indrawati M.Kes dan sejumlah pejabat lainnya yang mendampinginya saat sidak ke renovasi Klinik Methadone Puskesmas Cipondoh, Selasa (6/4). Lebih jauh, walikota pun berharap agar klinik itu dapat beroperasi dengan maksimal, didukung keterse-

Suasana rapat interen Walikota H. Wahidin Halim dengan beberapa kepala dan perwakilan instansi Pemkot di ruang tunggu pasien Puskesmas Cipondoh. (irfan)
diaan tenaga perawat dan dokter yang cukup. Kemudian lingkungan ruang tunggu pasien dapat dinyamankan dengan nuansa hijau tanaman, di samping memberikan suasana pendidikan karena tersedianya ruang baca perpustakaan di sebelah klinik. Jajaran Puskesmas Cipondoh sendiri mengaku layanan pasien penderita ketergantungan norkoba telah dilaksanakan sejak lama, dengan kunjungan puluhan pasien setiap bulannya. Ditambahkan para pasien itu memang merasa terbantu dengan berkonsultasi seka ligus pengobatan atas penderitaannya itu. Dalam sidak ini, walikota sempat mengelilingi klinik yang tengah direnovasi, hingga pada bagian belakang gedung berbatasan de ng an S itu Cip on doh. Sejumlah bagian gedung menjadi sorotan walikota, kemudian disampaikan dalam rapat intern dengan beberapa kepala dinas terkait. Rapat Interen berlangsung di ruang pertemuan Puskesmas Cipondoh yang berada di seberang jalan klinik, dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Lilly Indrawati M.Kes, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan H. Karsidi, dan Kepala BPLH Hj. Roestiwi, Cam at Cipondoh H. Lilih Jairun dan Camat Pinang Sahrudin. (irfan)

Tak Ada Suspect DBD Berkat PSN
PA JA NG – Pemb era n tasan Sa ra ng N ya mu k (PSN) menjadi menu u ta ma yan g d i s o s i a li s a s i k a n ke pa da w ar ga , dalam setiap acara di Kelurahan Pajang, Kecamatan Benda. Maysuri De mikian ungkap Satgas Demam Berdarah Dengeu (DBD) dan Flu Burung Kelurahan Pajang, Maysuri, ketika ditemui di kantornya, Senin (5/4). “Tak pernah ada suspect DBD,” katanya. Me nu ru tn ya w ar ga c ukup m em ah am i pentingnya memberantas sarang nyamuk, se hing ga tah un ini tid ak a da f og ging . Membersihkan lingkungan sekitar wilayah juga telah menjadi budaya warga Kelurahan Pajang. Hampir setiap minggu warga secara swadaya melakukan kerjabakti. Lurah Pajang Sudiman juga membenarkan sudah sejak tahun 2009 tidak pernah sekali pun warganya ditemukan suspect DBD. “Mungkin karena dekat landasan pesawat, nyamuknya takut dengan suara pesawat,” candanya. (irfan)

Pola Hidup Sehat Selagi Muda Bisa Cegah Penyakit Degeneratif
LARANGAN - Membiasakan hidup sehat selagi muda bisa menc egah p enyakit de generatif. Sebaliknya tidak membiasakan hidup sehat mulai dari sekarang akan ce pa t te rken a pe nyakit tersebut. Demikian dikatakan dr. Lusi Anika, dokter yang biasa bertugas di Puskesmas Larangan Utara, Rabu (7/4). “Penyakit degeneratif terjadi karena faktor usia dan juga keturunan. Seseorang yang mulai memasuki usia 45 tahun sudah dipasti terkena karena fungsi organ-organnya mulai lemah,” katanya. Antar a la in p en ya kit degeneratif itu yakni terkena darah tinggi, diabetes, rematik, asam urat, dan kolesterol yang tinggi. Bagi yang memiliki keturunan penyakit degeneratif tidak mesti menunggu tua terkena, tetapi saat usia muda pun akan terkena bila tidak segera mencegahnya. Sebab itu mencegahnya dengan membiasakan hidup sehat yakni berolahraga ter atur dan makan-m akanan yang sehat misalnya makanan yang mengandun g se rat. Sed angkan makanan yang perlu dihindari yakni yang banyak mengandung lemak, berminyak dan manis. Eti Yulianti, Pemegang Program Lansia Puskesmas Larang Utara, mengatakan puskesmas sudah mempunyai program layanan kesehatan bagi yang terke na p en ya kit te rseb ut yaitu pemeriksaan kesehatan setiap hari kerja di puskesmas dan juga dilakukan di lima Posbindu Lansia yang ada di wilayah kerja puskesmas. (iwan) 

Petugas Puskesmas Larangan Utara siap melayani warga yang terkena penyakit degeneratif. (iwan)

Posyandu Kurnia RW 11 Cikokol Giatkan Penyuluhan Gizi
TANGERANG - Posyandu Kurnia RW 11 Kampung Kelapa, Kelurahan Cikokol, Kecamatan Tangerang, tengah menggiatkan penyuluhan kesehatan gizi kepada 45 ibu balita yang rutin datang setiap bulannya ke posyandu. Menurut Ketua Posyandu Kurni Ny. Tunah Nepin Suhada, Senin (4/4), penyuluhan gizi yang disampaikan kader penyuluh posyandu bekerjasama dengan bidan pembina desa dari Puskesmas Sukasari. Kegiatan penyuluhan antaralain meliputi : monitoring berat badan balita, imunisasi, menggelar demo memasak menu makanan sehat balita yang rendah biaya, dan pemberian makan tambahan gratis berupa; telur, susu, dan bubur kacang hijau. “Alhamdulilah, balita anggota kami kini sudah sehat semua,” katanya senang. (vanessa)  

Penyuluhan gizi di Posyandu Kurnia RW 11 Cikokol. (vanessa)

Puskesmas Karawaci Baru Layani 200 Pasien Per Hari
KARAWACI – Sedikitnya 200 pasien perhari mengunjungi Puskesmas Karawaci Baru yang melayani 6 kelurahan yaitu Karawaci Baru, Karawaci, Nusa Jaya, Bojong, Cimone, dan Cimone Jaya. Kepala Puskesmas Karawaci Baru drg. Koasarijani yang akrab dipanggil drg. Ani m e n g u ta r a ka n , S e n in (29/3 ), p a sie n pengunjung kebanyakan penyakit inpeksi sa lu r a n p e r n ap a san a kut (I SPA) ya n g disebabkan oleh berbagai faktor baik cuaca maupun makanan. Karena itu puskesmas selalu memberikan pe ng ar aha n da n p em bin aa n keseh atan kepada masyarakat melalui sosialisasi kader yang ada di 46 posyandu. “Baik pada saat p e la ya n a n se tia p b u la n n ya m a u p u n pertemuan yang diadakan di puskesmas,” ucapnya. (wawan)

Pendataan KMG Sangat Tepat Melalui RT
NEGLASARI – Salut akan solusi pendataan Kartu Multi Guna (KMG) yang dilakukan Pemkot, karena diserahkan langsung kepada ketua RT. Selaku Ketua RT 07/ RW 02, Ali Suminta menyatakan pendataan KMG setiap tahun semakin bagus. KMG banyak dimanfaatkan oleh warga lingkungannya untuk mendapatkan pengobatan gratis di Puske smas. “Data warga kurang mampu tersebut lebih banyak dimiliki RT daripada kelurahan. Masalah data pemerintah gampang, asal mau turun ke lapangan,” katanya ketika ditemui, Rabu (7/4). Dia menilai keputusan walikota yang langsung meminta data warga kurang mampu kepada ketua RT/RW sangat tepat. “Kemarin kan banyak nama dobel, karena petugasnya tidak tahu, warga tersebut masih ada di situ atau tidak, yang tau jelas mah pak RT,” katanya. (irfan)

Ali Suminta

- 10

KECAMATAN MEMBANGUN

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Edisi 7

Dinas PU Lakukan Pemeliharaan Jl. Sunan Giri di Karang Tengah
KARANG TENGAH – Sebanyak 50 titik lokasi jalan yang rusak di Kecamatan Karang Tengah ditambal dengan aspal oleh petugas harian lepas Dinas PU Kota Tangerang. Misalnya Jl. Raya Sunan Giri, Kelurahan Pondok Pucung, Selasa (6/4).
Sedikitnya ada sekitar 15 titik lokasi jalan yang r usa k d i se p an jan g Jl. Sunan Giri kemudian dilakukan penambalan. Menurut Iwan Kuswan, pengawas dari Dinas PU Kota Tangerang, kegiatan penambalan jalan merupakan pekerjaan rutin dari dinas se ba g a i b e n tu k p em e liharaan dan perawatan.

6 Posyandu Dibangun di Kecamatan Karawaci
KARAWACI – Sebanyak 6 Posyandu telah dibangun di wilayah Kecamatan Karawaci di antaranya di komplek Cimone Permai Jl Zeta II RT 02/06, Perumnas I Jl Gura me RW 08 Kelurahan Karawaci Temmy Mulyadi Baru, Jl Mushola Al Wahab RW 01. Perumnas I Jl KakapVII RT 08/ 09, Perumnas I Jl Wijaya Kusuma 3 RT06/11, dan Cimone Mas Permai Jl Bali RT 08/04. Menurut Temmy Mulyadi Camat Karawaci mengutarakan Kamis (1/4) posyandu adalah salah satu sarana memantau perkembangan kesehatan di tempat masing-masing, dari m ula i g izi, ke se ha tan b alita d an jug a kesehatan lansia. Pe m kot Ta n g e r a n g sa a t in i se d a n g menggalakan pembangunan posyandu di se luru h ke cam atan . “J adi saya kira seharusnya pemerintah pusat memberikan su a tu p e n g h a r g a a n ke p a d a Wa likota Tangerang, karena hanya dialah yang punya ge br aka ka n p em ban gu nan sepe rti ini,” ucapnya. (wawan)

Para pekerja tengah menambal jalan yang rusak di Jl. Sunan Giri. (iwan)
“Sebenarnya tidak hanya jalan rusak yang dilakukan pemeliharaan, tetapi juga saluran air dan in fr astru ktur lain nya di Kota Tangerang yang dinilai rusak maka perlu diperbaiki,” katanya. (iwan)

Kelurahan Benda Pindah ke Jl. Husen Sastranegara No. 92
BENDA – Pembang un an g ed un g kantor baru Kelurahan Benda, Kec am atan Ben da , mengharuskan kantor kelurahan berpindah sementara ke rumah warga di Jl. Husen Sastranegara No. 92 RT H. Masan Rahman 02/RW 10. Demikian ungkap Lurah Benda H. Masan Rahman, ketika ditemui di kantor sementaranya, Selasa (6/4). Lokasi kantor sementara cukup strategis untuk dijangkau warga, karena be rad a d i sebe ran g jala n kantor lam a. “Alhamdulillah tidak sulit mencari pindahan kantor,” katanya. Tempat tersebut memiliki ruangan yang cukup luas sehingga dapat melayani warga secara optimal. Rencananya kantor lama akan dibangun selama kurang lebih 6 bulan. “Yang pen ting kami dapat ged ung b aru g una menunjang pelayanan warga nantinya,” kata Masan. (irfan)

Gedung TPA Masjid Baiturahman Siap Dibangun
KARANG TENGAH – Gedung Tempat Pendidikan Anak (TPA) Masjid Baiturahman di Perumahan Bangun Reksa Indah II, RW 06, Pondok Pucung, Karang Tengah sebentar lagi akan dibangun di lahan fasos/fasum perumahan seluas 500 meter persegi. Kini lahannya tengah dibersihkan dari puing-puing kayu oleh w ar ga , se lanjutnya lahan akan diratakan. H. Komari, Sekeretaris Masjid Baiturahman, Rabu ( 7/4), mengungkapkan saat ini banyak anak-anak yang belajar di TPA dan masih menumpang di masjid. “Setidaknya dengan dib angu n ged ung TPA nantinya bisa lebih berkembang,”harapnya.  Sementara Hj. Siti Aisyah Daulay, Ketua RW 06, d an H . J a ya , pe n g u r u s m a sjid Ba itu rahman, membenarkan akan dibangunnya gedung TPA di lahan fasos/ fasum perumahan. “Dengan dibangunnya ged u n g T PA a ka n me ngembangkan kegiatan pendidikan,” tandasnya. (iwan)

Lahan fasos/fasum yang tengah dibersihkan untuk dibangun TPA. (iwan)

Jalan Lingkungan RW 01 Buaran Indah Akan Dipavingblok
TANGERANG - Jalan Pengayoman Utara RW 01 Kelurahan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang yang kondisinya sudah rusak dan berlubang akan dipavingblok oleh Pemkot Tangerang melalui APBD 2010. Menurut Lurah Buaran Indah Safillah, Selasa (6/ 4), proyek pembangunan jalan lingkungan ini adalah sebagai program pembangunan lanjutan setelah di 2009 lalu menuntaskan realisasi pembangunan di lingkungan di Jalan Pengayoman Selatan RW 09. Disamping warga setempat menyambut gembira realisasi pembangunan lanjutan ini, Lurah Safillah pun berharap agar kualitas pembagunan yang akan direalisasikan melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) ini dapat dipertanggungjawabkan yang notabene

Jalan Pasar Bengkok Akan Diperlebar
PINANG - Lokasi jalan di me ngatakan pen gaju an pasar Bengkok, Kelurahan pelebaran jalannya sudah S ud ima r a Pina n g, Ke diusulkan dalam kegiatan ca ma ta n Pina ng , akan mu sr en ba ng ta hu n in i. dip erleba r. Ja lan pa sar “Jadi tinggal menunggu yang bernama resmi Jl. realisasinya saja,” katanya. KH. Moh. Mansyur dan Diharapkan setelah adamenghubungkan Jl. KH. nya pelebaran atau peHasyim Ashari dengan Jl. nyodetan jalan tidak saja S.A Tirtayasa itu kerap me ngu ran gi kema cetan te rja di kem ac eta n d an da n ke kum uha n, teta pi Ahmad Tribuana kumuh setiap harinya. juga akan membuat lingAhmad Tribuana, Sekretaris Ke- kungan pasar menjadi lebih tertib. lurahan Sudimara Pinang, Rabu (7/4), (iwan)

Safillah
realisasinya sudah sesuai bistek. “Kami siap monitoring, apabila kualitas pembangunannya tidak maksimal kami ajukan komplain,” katanya. (vanessa)

Warga RT 05/RW 01 Mekarsari Turut Swadaya Bangun Saluran Air
NEGLASARI – Sepanjang 147 m e te r sa lu r a n a ir berhasil dibangun melalui swa daya warga di lingkun g an RT 05/ R W 01 Kelurahan Mekarsari Kecam atan Neglasar i, kini w ar g a se tem p a t d a pa t m e n ikm a ti lin g ku n g a n yang lebih baik dari sebelumnya. “Saluran air dengan total nilai proyek sekitar Rp 31,5 juta te rseb ut, se bagian didanai dari swadaya masyarakat sekitar 4% selebih nya ditanggung BKM,” kata Edy Darm a w a n , a n g g ota BKM Mekarsari, ketika ditemui di kantornya, Rabu (7/4). Diakui Lurah Mekarsari H. Nurta Wijaya, kini warga lingkungan RT 05/ RW 01 tidak mengalami banjir lagi saat hujan yang cukup lama. Saluran air sebelumnya sering tersumbat karena banyak pepohonan dan sampah warga, kini warga semakin sadar untuk menjaga kebersihan saluran air baru tersebut agar tak banjir. “Dahulu jika hujan lebat, wilayah dekat saluran ini sering banjir, tapi tidak lama sekitar 1 jam saja. Se te la h dib an gu n ka mi menghimbau agar warga menjaganya dengan baik, d a n ka m i p a n ta u p e r kembangannya,” katanya. (irfan)

Pembangunan SD dan Pustu Diusulkan Warga Kelapa Indah
TANGERANG - Terkait mufakat ini dapat dibangun di lahan fasos kebutuhan pendidikan dan kesehatan, warga fasum dari Perumahan Kelurahan Kelapa Kota Modern yang Indah, Kecamatan letak lahannya bersebelahan dengan Tangerang telah mengusulkan kantor kelurahan. pembangunan sarana Ia menjelaskan gedung SD dan usulan tersebut Puskesmas Pembantu mengingat kebutuhan (Pustu) melalui sekitar 60% warga belajar usia SD di 3 RW musyawarah rencana A. Subandi pembangunan Kampung Kelapa setiap (Musrenbang) program 2011 yang tahunnya tidak tertampung untuk digelar di tingkat kelurahan pada mendaftar di SDN Cikokol. Sedangkan kebutuhan pustu Maret lalu. dibutuhkan warga mengingat letak Menurut Kasi Ekonomi Pembangunan Kelurahan Kelapa Puskesmas Sukasari jauh dari lokasi 3 Indah, Achmad Subandi, Selasa (6/ RW Kampung Kelapa yang sebagian 4), pembangunan SD dan Pustu besar dihuni keluarga tidak mampu. yang diusulkan warga secara (vanessa)

Saluran air yang dibangun di lingkungan RT 05/RW 01 menjadikan air mengalir lancar. (irfan)

Edisi 7

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

SAMBUNGAN BERITA

10 11

32 Tim Meriahkan Turnamen Sepakbola antar-Kuli Bangunan
LARANGAN – Sebanyak 32 tim sepakbola ikut memeriahkan turnamen sepakbola antar kuli bangunan yang diselenggarakan Kelurahan Larangan Utara.
hari Sabtu dan Minggu. J un aidi, Wa kil Ke tu a Turnamen Sepakbola antarKuli Bangunan, Rabu (7/4), mengatakan kegiatan ini bertujuan agar para kuli bangunan menikmati hiburan lewat olahraga sepakbola. Bagi tim pemenang akan m en da pa t ha diah tropy dan uang pembinaan.  ”Mereka  tidak  hanya  dibebankan dengan pekerjaannya yang berat,” katanya. Sementara Syahril menyambut gembira adanya turnament yang agak berbeda dilihat dari pesertanya yakni para kuli bangunan. Dirinya mengharapkan dari kegiatan ini, juga bisa muncul bibit untuk pemain Persikota . “S eb ab itu ke giatannya agar dibuat kontinyu,” pesannya. (iwan)

Edy Kliping Berita KOTA BENTENG Sejak 2005
NEGLASARI – “Rasanya senang bila ada berita pembangunan wilayah saya diberitakan KOTA BENTENG,” kata Edy Dermawan, Anggota BKM Mekarsari dan Ketua RT 05/RW 05 Kelurahan Mekarsari, Rabu (7/4) Dikatakannya pemberitaan itu dapat memotivasi warganya untuk semakin gemar membangun lingkungan, katanya. Sisi lainnya, informasi pembangunan wilayah lainnya pun menambah wawasan bagi dirinya. Sebab itu, dia terus mengkliping berita-berita pembangunan lingkungan, kelurahan, dan kecamatan sejak tahun 2005. Diakui klipingan berita karyanya itu selalu menjadi bacaan para tetangga dan menjadi sumber informasi bagi warga. “Biar warga sini tau akan gerak pembangunan yang dilakukan pemerintah,” ungkapnya. Ketika ditemui diakuinya kliping berita KOTA BENTENG tengah dibawa anaknya ke sekolah untuk dipinjam gurunya. “Kemarin katanya guru sekolah minta kliping saya agar dapat disosialiasikan ke murid-murid di sekolah.” (irfan)

Kegiatan pertandingannya mulai digelar tanggal 2829 Maret di Lapangan Garu da yan g dibu ka ole h Syahril, Sekretaris Umum

Persikota. Pertandingan pun disambut antusias penonton yang banyak memadati lapangan. Selanjutnya pertandingan diadakan setiap

Junaidi S. Kom

32 Club Sepakbola U-18 Bertanding dalam Batusari Cup II
BATUCEPER– Sebanyak 32 club sepakbola usia 18 tahun se-Kecamatan Batuceper akan bertanding me mp er eb utka n Piala Batusari Cup II. Lapangan bola di samping Jl. Juanda belakang Komplek Angkasa Pura II menjadi tempat pertandingan utama. Demikian ungkap Lurah Batusari, Didin Komarudin, ketika ditemui, Senin (5/ 4). Tur na me n yan g dipanitiai Lembaga Pember dayaa n Ma syara kat (LPM) Batusa ri d ibu ka oleh Anggota DPRD Azamu din be rsa ma Lur ah Batusari, sponsor acara, d an p en gu r us R T se tempat. “Saya berharap peserta turnamen dapat te ta p m e n j a g a sp or tivitas dan silaturahmi, fa ir p la y te ta p d iu ta makan,” katanya. Turnamen ini rencananya akan digelar secara rutin setahun sekali untuk menggairahkan semangat olahraga sepakbola kaum m ud a. Pem en an g ke juaraan ini selain mendapatkan piala juga akan mendapatkan uang pembinaan. (irfan)

Warga tengah latihan untuk menghadapi pertandingan Batusari Cup II. (irfan)

Mekarsari Siap Bentuk Pokja Kota Sehat
NEGLASARI – Membudayakan hidup sehat warga di Kelurahan Meka rsari, pihak kelurahan berrencana m em be ntuk Pokja Kota Sehat Kelurahan Mekarsari yan g ra pa t pe mb en tu kannya akan digelar Jumat (9/4). Lurah Mekarasari H. Nurta Wijaya, R ab u (7/4) mengharapkan anggota dari forum adalah purnawirawan TNI. “Mereka kan biasa melatih kedisip linan sehingga mudah mensosialisasikan kepada warga.” Dijelaskan dia telah mengundang para tokoh pensiunan TNI, sejumlah pengurus RT/RW, serta tokoh masyarakat agar dapat hadir dalam rapat pembentukan Pokja Kota Sehat Kelurahan Mekarsari. Selama ini, kata dia, pihak kelurahan telah melakukan operasi bersih (Opsih) setiap Rabu dan Sabtu di lingkungan masing-masing

Ketua DPRD: Pioner ...
Bahkan dalam be-berapa hal Kota Tangerang malah pioner tingkat nasional, semisal pembangunan ratusan gedung sekolah secara serentak dan program 1.000 posyandu. “Jadi kalau lingkup Banten mah kecil,” katanya, Rabu (7/4). Atas nama DPRD Kota Tangerang, Herry menyambut baik diluncurkannya LPSE. Diharapkan dengan program ini akan menghindari penyimpangan dalam proses tender pengadaan barang dan jasa. “Ini untuk pelayanan maksimal,” tambahnya. (budi)

H. Nurta Wijaya
RW secara bergiliran. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi embrio terciptanya budaya hidup sehat. (irfan)

LPSE Kota Tangerang...
SKPD. Sehingga pada saatnya nanti setelah perangkat lunak maupun perangkat kerasnya telah siap, semua proses LPSE berjalan mulus. “Saat ini selama dua hari penuh kita juga telah mela ku ka n Bin te k b ag i 40 rekanan penyedia barang/ jasa dan 40 orang untuk jasa konstruksi,” katanya.

Deputi LKPP: Kebijakan...
jawabannya ya LPSE,” kata Ir. Himawan Adinegoro M.Sc, Deputi Bidang Monitoring dan Evaluasi LKPP saat lounching LPSE 28 Februrai 2010. Dia menegaskan Kota Tangerang merupakan pioner yang mempergunakan sistem LPSE di Propinsi Banten. Sebab, katanya, Pemprop Banten telah dua kali berkunjung ke LKPP, namun tidak ada kelanjutannya. “Berarti batal mempergunakan LPSE.” (budi)

Gebrakan WH KOTA BENTENG menginformasika n WH d alam kepemimpinannya memang selalu membuat gebrakan dala m prog ram pe mbangunan Kota Tangerang

yang sesuai tuntutan reformasi. Misalnya di tahun 2005, Pemkot menggebrak dengan diterbitkannya dua per da a ntima ksia t ya itu Perda Pelarangan Pelacuran dan Perda Pelarangan Miras yang berintikan menjaga mora l ma syar akat Kota Tangerang. Lalu di tahun 2006 dan 2007, diprogram pemba-

ngunan kembali 220 sekolah yang rusak dan telah berusia tua secara serentak, sehingga membuat para akan didik dan pengajar menjadi nyaman melaksanakan proses kegiatan belajar-mengajar di sekolah-sekolah yang ada. Saat ini telah 400 sekolah dibangun dengan megah dan lengkap. Di tah un 2008 te ru s

merentang ke tahun-tahun selanjutnya dicanangkan tahun penegakan hukum. Tahun 2009 dilakukan program kebersihan dan penghijauan Kota Tangerang yang membuahkan penghargaan Kota Tangerang sebagai Kota Bersih. Tahun 2010, dilakukan gebrakan program peluncuran LPSE. (imron)

Hosbeny: LPSE Tekan...
Hosbeni Gonzala, Anggota Gapensi Kota Tangerang yang ikut Bintek LPSE, Rabu (7/4), mengutarakan dirinya mengharapkan agar penerapan LPSE agar bisa segera dilaksanakan. “Metodenya sangat fair, prosesnya pun aman.” Ditambahkan dengan LPSE ini tentunya proses seleksi akan lebih sportif dan tentunya bisa langsung kelihatan mana yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan. (imron)

Pengalaman Masa Muda...
di kampusnya, menjadi pemimpin asrama mahasiswa. Di Tangerang WH remaja pun dipercaya menjadi Ketua AMPI dan Pengurus KNPI. Saat masih kuliah, WH yang terpilih menjadi Kades Pina ng, pun masih menyempatkan diri menjadi mengajar di SMP PGRI dan SMA di kampungnya. Semua kesibukan ini dilakoninya sem ata- mata untuk p engabdiannya kepada masyarakat, sekaligus memperkaya pengalaman batinnya. Ke mam pua n m emimpin nya lalu dikemba ngkannya pula dalam membina cabang olahraga yang digemarinya, di antaranya se pakb ola, bu luta ngkis, pe nc aksila t, d an c atur. Banyak tawaran jabatan pemimpin cabang olahraga yang disodorkannya kepadanya, sebagian diterima dan sebagian ditolak.

Pantau Kinerja Posyandu...
Rabu (7/4), bertempat di Aula Lantai 2 Gedung Nyi Mas Melati. Sarana dan prasarana gedung posyandu kini sudah dilengkapi Pemkot Tangerang melalui bantuan program 1000 posyandu, karena itu diingatkan jangan sampai nanti masih ada ditemukan kasus ibu hamil meninggal pasca melahirkan, ataupun kasus balita kekurangan gizi. “Jangan sampai kasus-kasus seperti ini ditemukan oleh media untuk dijadikan berita. Makanya sebelum hal ini terjadi, Ketua TP PKK PKK kecamatan maupun kelurahan sudah memberikan pembinaan yang intens bekerjasama dengan tim medis puskesmas terdekat,” tegas Hj. Niniek. Sementara terkait program bina wilayah TP PKK Kota Tangerang ke 13 PKK kecamatan yang akan dimulai pada 22 April nanti, Hj. Niniek dalam kesempatan tersebut berharap kepada masing-masing pengurus PKK kecamatan ag ar sudah mem persiapkannya. M isalnya deng an menampilkan produk unggulan kelompok UP2K (Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga) yang dapat dijadikan ciri khas produksi daerah kecamatan masing-masing. (vanessa)

Salah satu jabatan yang diterima adalah kepercayaan memangku jabatan Manajer Persita Kabupaten Tangerang, yang pada akhirnya mampu membukukan catatan prestasi terbaik klub te rse but da lam ca tatan sejarahnya. WH kini menjabat Ketua Umum Persikota Kota Tangerang. Posisi ini semakin menjadikan dirinya populer di kancah persepakbolaan nasional, dengan pemikiranpemikiran jauh ke depan dalam membina persepak-

bolaan nasional agar bisa berdigjaya. Ternyata, selain banyak berkiprah dalam memimpin org anisasi pemu da, kemasyarakatan, dan olahraga, WH pun aktif menekuni agama melalui pengajian rutin Rabu dan Ju mat di ke diama nnya. Bahkan Ia juga mengikuti pengajian di daerahnya. Sosok pria bertubuh tinggibesar ini meyakini pengajian dan pengkajian agama akan menjadi bekalnya di kehidupan dunia dan akherat.

Ber tauta n itu, lalu di bidang sosial, pria bersahaja yang senang humor inipun mendirikan Yayasan Kemanusiaan Nurani Kami, pada tahun 1977. Yayasan ini hingga sekarang telah mampu memberikan beasiswa kepada 150 anak, m u la i je n ja n g se kola h dasar   hingga  perguruan tinggi. Melalui lembaga ini Wahidin ingin menyalurkan kepedulian dirinya pada dunia pendidikan daerah dan nasional. (imron)

Jangan Sekutukan Allah...
Oleh karena itu kita tidak boleh mempersekutukan Allah dengan sesuatu apapun. Kalau kita sudah meyakini Allah, Allah adalah tempat meminta dan lain sebagainya, maka kita jangan meminta kepada selain Allah, seperti ke kuburan, pohon-pohon besar, keris dan lain sebagainya. Kadang-kadang ada orang yang menyatakan iman kepada Allah, tapi kadangkadang dia meyakini sesuatu selain Allah mempunyai kekuatan dan kekuasaan yang sama. Hal ini te n tu n ya s a n g a t b e r tentangan dengan ajaran yang kita yakini. Sehubungan dengan hal di atas Allah telah berfirman dalam Al-Qur’an yang artinya : “Dan sembahlah Allah dan jangan sekali-kali menye-

kutukan Allah dengan sesuatu apaun”. Namun demikian masih ada saja orang ya ng men yeku tukann ya seperti di atas pintu rumah orang ngaku beragama Islam, meletakkan bendabenda, apakah itu benda yang dibungkus kain ada padi, ada bambu kuning dan lain sebagainya yang kata nya be nd a- be nd a itu un tu k me njag a ke se la matan. Tampaknya hal itu sederhana, tampaknya sepele

tapi kalau kita lihat dari sudut akidah, maka perbuatan itu sudah termasuk menyekutukan Allah. Kalau kita ingin selamat mintanya kepada Allah bukan kepada selain Allah. ingin kariernya naik bekerjalah dengan baik dan janganlah perg i ke dukun. Tentunya kita masih ingat dengan salah satu karunia Allah dalam Al Qur’an: “Sesun gguh nya Alla h tidak akan mengampuni orang yang menyekutukan Allah.”

Dari hal di atas apabila dalam diri kita masih ada unsurunsur zikir kepada Allah, mumpung masih diberi nikmat panjang umur, maka tinggalkanlah segera. Sebab kalau tidak segara ditindakkan, kemudian keburu meninggal dunia maka kita mati dalam keadaan tidak iman. Mudah-mudahan Allah senatiasa membimbing kita ke jalan yang lurus, jalan yang senantiasa mendapat ridho Allah.***

Fokus-Opini
fo ku s - Opi n i
Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Th.VIII/Pekan 2/ April 2010 M Th.VIII/Pekan 4/ Rabiul Akhir 1431 H

Edisi 7

Edisi 7

Camat-Lurah Harus Sosialisasi Kartu Multiguna bagi 357.174 Warga Miskin

WH: Silakan Berobat, Bersalin, Sekolah Gratis
PUSPEM – Para camat dan lurah seKota Tangerang diperintahkan Walikota H. Wahidin Halim untuk terus-menerus mensosialisasikan prosedur pemanfaatan Kartu Multiguna sebagai kartu pelayanan kesehatan, persalinan dan bersekolah gratis bagi keluarga miskin dan rentan-miskin.
“Sosialisasi ini sangat diperlukan agar masyarakat memahami prosedur penggunaan Kartu Multiguna sehingga tidak terjadi disinformasi pada saat masyarakat memerlukan pelayanan kesehatan di rumahsakit rekanan,” kata walikota saat memimpin rapat koordinasi dengan para kepala SKPD, camat, lurah dan Puskesmas di Puspem Kota Tangerang, Senin (5/4). Diinformasikan layanan kesehatan, perawatan dan persalinan gratis bagi pemegang Kartu Multiguna bisa didapat para pemegang kartu di 25 Puskesmas dan 22 rumahsakit rujukan yang telah menandatangani kerjasamanya dengan Pemkot Tangerang. Sementara sekolah gratis diberikan kepada anak-anak anggota keluarga miskin dan rentan-miskin pemegang Kartu Mutiguna bisa didapat dengan mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah negeri di Kota Tangerang, mulai dari SD sampai SMA/SMK. Pemkot Tangerang yang begitu peduli pada kebutuhan dasar warga miskin dan rentan-miskin ini, kata walikota, agar prosedur pemakaiannya benar-benar dimengerti para pemegang Kartu Multiguna, sehingga kepedulian Pemkot Tangerang ini benar-benar termanfaatkan oleh keluarga miskin dan rentan-miskin itu. Bahkan lebih jauh walikota berharap kartu inipun bisa dimanfaatkan berobat warga pemegang kartu di rumahsakit-rumahsakit daerah lainnya, dengan klaim penagihan bisa disampaikan ke Pemkot Tangerang. Alasan walikota, bisa saja warga miskin dan rentan-miskin itu tengah bepergian keluar daerah lalu sakit, sehingga membutuhkan pengobatan, perawatan, ataupun persalinannya di rumahsakit terdekat. Sementara rumahsakit yang telah menandatangani kerjasama dengan Pemkot Tangerang untuk menjadi rumahsakit rujukan pemegang Kartu Multiguna sebanyak 22 rumahsakit, di antaranya RS Sari Asih, RS Usada Insani, RS Mulya, RS Annisa, RS Bhakti Asih, RSUD Tangerang, RS Global Medika, dan RSIA Dinda. Lalu 25 puskesmas, dua di antaranya beroperasi juga sebagai rumah persalinan, bisa dimanfaatkan pengobatan, perawatan dan persalinan gratis peme-gang kartu ini.

357.174 Kartu Mutiguna KOTA BENTENG menginformasikan Pemkot Tangerang pada Maret 2010 telah mengesahkan data penerima program Kartu Multiguna tahun anggaran 2010 sesuai validasi data yang telah dilakukan secara akurat. Para warga miskin dan rentanmiskin yang mendapat Kartu Multiguna tercatat sebanyak 357.174 warga. Program Kartu Multiguna merupakan terobosan Pemkot Tangerang dalam bidang pelayanan kesehatan, terutama bagi masyarakat tidak mampu. Program ini ditargetkan tidak hanya bagi warga miskin tapi juga bagi keluarga rentan, sehingga mereka merasa terbantu dengan adanya program ini. Anggaran APBD di tahun 2010 untuk pemanfaatan kar-tu ini bernilai Rp 10 miliar .

ngerang dibawah kepemimpinan Walikota H. Wahidin Halim dan Wakil Walikota H. Arief R Wismansyah bersama DPRD Kota Tangerang ini disambut rasa syukur warga miskin dan rentanmiskin di Kota Tangerang. “Dengan memegang kartu ini, maka keluarga saya menjadi gratis berobat dan anak saya gratis sekolah,” kata Ny. Aam, warga RT 02/07 Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh. Hal senada diutarakan Kasiman, tukang ojek di Kawasan Industri Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung yang merasa terbantu keluarganya dan keluarga teman-temannya bisa berobat

gratis dan anaknya skeokah gratis dengan kartu ini. “Terima kasih pak wali…” ungkap mereka dengan rasa syukur atas kemurahan Allah SWT melalui tangan Walikota Tangerang ini. (imron)

Disambut Warga Upaya yang telah dilakukan Pemkot Ta-

Pentingnya Ruang Terbuka Hijau
DAYA tarik perkotaan, seperti Kota Tangerang, masih menjadi primadona bagi para pendatang baru. Paradigma kota merupakan ’surga dunia’ yang bisa mengubah nasib, membuat arus urbanisasi terus tinggi. Sayangnya, tingginya arus urbanisasi masyarakat pedesaan tidak dibarengi keahlian yang memadai. Ditambah sempit dan mahalnya harga tanah di perkotaan menimbulkan kemiskinan (kaum miskin kota) terus bertambah.
Akibatnya banyak hunian (atau bangunan) yang bersifat illegal (squatter) dan penyalagunaan lahan. Loka si-lokasi pe rkum uh an menjamur. Minim dan mahalnya harga tanah membuat ruang hijau terbuka sepe rti tama n kota, pelataran rel kereta api, dan bibir sungai kerap dijadikan lokasi tempat tinggal, hingga lokasi tempat usaha. Tingginya ’permintaan’ untuk menggunakan ruang hijau te rbu ka me mbu at praktik percaloan tanah liar berkembang pesat. Maka jangan heran jika tumbuh bangunan semi permanen liar di sepanjang bantaran sungai, seperti yang terlihat di sepanjang Sungai Cisadane yang melintas di Kota Tangerang dan sepanjang rel kereta api. Ada yang diperuntukkan rumah tinggal, tempat usaha, atau sekadar posko organisasi massa. Dari sisi ekonomi, maraknya bangunan illegal yang dijadikan tempat industri, pertokoan, p erkantoran, pasar dan sebagaian pemukiman dapat membawa keuntungan bagi pendudu k. Se bab terc iptan ya lapangan kerja yang dapat meningkatkan pendapatan per kapita. Namun disisi lain dampak negatifnya sangat ter asa ka re na b an ya k buangan limbah industri maupun limbah domstik. Dengan kondisi tersebut ruang hijau terbuka dan kualitas sungai akan mem-

Oleh: HM Harry Mulya Zein (Sekretaris Daerah Kota Tangerang)
menemui kesulitan. Sebab, banyak ditemukan bangunan yang berdiri di atas tanah milik negara itu yang memiliki sertifikat dan girik. Akibatnya, bangunan tersebut sampai sekarang pun masih tetap berdiri. Padahal sesuai dengan Perda No 8 Tahun 1994 Tentang Garis Sempadan dalam Wilayah Kota Tan ge ra ng m en ye bu tkan , sempadan untuk sungai dan kali adalah selebar 15 meter dari bibir sungai. Dan, di sepanjang garis sempadan itu dilarang untuk didirikan bangunan. Tidak sedikit oknum yang melayani secara illegal kebutuhan tempat ting gal dan usaha menjadi lahan bisnis. Alhasil, ruang hijau terbuka seperti bantaran sungai, bantaran rel kereta api, sempadan situ atau lahan kosong lain diperjualbelikan atau disewakan. Padahal sesungguhnya tindakan oknum tersebut melanggar Undang-Undang No 31 Th 1999 Tentang Tindak Pidana Korupsi pasal 2 ayat (1), (2) dan (3) yang berbunyi, “... bahwa setiap

buruk apalagi tidak dikelola dengan sistem yang aplikatif melalui sistem pengendalian pencemaran yang baik. Soal peraturan perundang-undang an, jangan pernah mempertanyakan apakah melanggar aturan ata u tidak. Suda h pa sti mengganggu kebersihan, kenyamanan dan keindahan Kota. Untuk Kota Tangera ng send iri sud ah a da Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur yakni Perda , Nom or 18/2000 tentang pelaksanaan Keamanan Kebersihan dan Keindahan (K3). La ng ka h in stan yan g

kerap dilakukan pemerintah daerah (termasuk Pemkot Ta nger ang ) a dala h m elakukan penertiban secara terus menerus. Penertiban Bangunan Liar ini sematamata menyelamatkan mereka dari musibah banjir bagi yang menghuni bantaran sungai, sehingga tidak berdasar ada sebahagian penilaian elit bahwa Pemerintah Kota Tangerang berbuat tidak pro-rakyat. Selanjutnya Pemerintah Kota pun berbuat untuk kepentingan umum. Khusus bantaran sungai Cisadane, un tu k me ne rtib ka n ba ngunan illegal terkadang

orang yang secara melawan h ukum m elakukan p er buatan memperkaya diri sendiri, atau orang lain atau suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara dipidana dengan pidana penjara seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat 4 Tahun dan paling lama 20 Tahun dan denda paling sedikit Rp 200 juta atau se tin gg i-ting gin ya Rp 1 Milyar .” Ayat (2) menyatakan, bahwa: “dalam hal tindak pidana korupsi sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilakukan dalam keadaan tertentu dapat dijatuhkan pidana mati...” Sementara bunyi pasal (3): S etiap oran g ya ng dengan tujuan menguntungan diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi, menyalah gunakan ke wenanga n, kesem pata n atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara, dipidana dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara minimal 1 tahun, maksimal 20 tahun dan atau denda minimal Rp 50 juta atau paling banyak Rp 1 milyar’ Untuk mengembalikan

fungsi ruang hijau terbuka bukan perkara gampang. Sebab tidak hanya kerja keras dari pemimpin dan aparat daerah untuk menertiban bangunan illegal di ruang terbuka hijau. Tetapi harus ada kesadaran masyarakat akan pentingnya refunction ruang hijau terbu ka ter se bu t. S elur uh elemen masyarakat, tokoh agama dan tokoh umat, pimpinan LSM, terutama kalangan legislator dan administr ator pub lik ser ta wartawan harus memiliki kesadaran tentang ini. Jalan sederhananya adalah perlu adanya gerakan kesadaran lingkungan bersama di perkotaan, termasu k d i Kota Ta nge ran g. Tidak berfungsinya ruang hijau terbuka bukan hanya permasalahan pemerintah kota, tetapi juga permasalahan masyarakat kota (urban citizen). Manusia selaku khalifah di muka bumi, berkewajiban menata alam lingkungan an uge rah Ilahi me nja di sesuatu yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat/umat manusia melalui upaya manajemen pembangunan perkotaan dan manajemen lingkungan, termasuk sungai. Jika tidak dari sekarang, kapan lagi. ***

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->